by

Siswa Terus Didorong BDR

Ambon, BKA- SD Negeri 61 Ambon terus berupaya mendorong siswa agar meningkatkan semangat, untuk belajar di masa pandemi Covid-19. Walau prosesnya dilakukan secara jarak jauh atau Belajar Dari Rumah (BDR).

Upaya itu disampaikan oleh pihak sekolah kepada siswa, baik pada saat dilakukan pembelajaran Daring maupun kepada orangtua saat dilakukan Luring.

“Sehingga setiap hari dan setiap kelas, itu proses belajar mengajar berjalan lancar melalui zoom. Mulai dari kelas kecil sampai besar. Nah itu berkat kerjasama sekolah dengan orangtua, yang mengawal dan terus mengawasi proses belajar anak di rumah. Hingga saat ini, kita terus dorong anak-anak agar tetap semangat BDR,” ucap Kepala SD Negeri 61 Ambon, Lotdje Haumahu, Selasa (9/2).

Dia bersyukur, karena perhatian orangtua sangat maksimal terhadap siswa dalam proses belajar selama ini. Hal itu terbukti dari proses belajar mengajar yang semuanya dilaksanakan secara Daring.

“Puji Tuhan, dengan pengawasan orangtua ditunjang dengan fasilitas, anak-anak sudah bisa belajar dengan baik menggunakan aplikasi pembelajaran online. Yang awalnya ada anak yang tidak punya Hp, sekarang sudah bisa belajar Daring. Walaupun waktu belajar tidak menentu, karena disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Misalnya, pagi ada orangtua yang gunakan Hp, maka dijadwalkan sore baru anak belajar. Jadi kerjasama orangtua sangat bagus sekali,” sebut Haumahu.

Bahwa lanjut dia, meskipun siswa sudah jenuh akibat BDR yang berkepanjangan, namun guru terus semangat memberikan pelayanan pendidikan.

“Jangan karena Covid-19 ini, lalu kita jadikan alasan untuk anak tidak bisa belajar. Kalau seperti itu, bagaimana anak mau pintar. Wajar saja mereka jenuh karena tidak terbiasa BDR, tapi harus ada strategi guru untuk mengupayakan mereka tetap belajar. Dan itu saya mengontrol terus, bagaimana perkembangan pembelajaran yang dilakukan guru. Ketika ada kendala, langsung kita carikan solusi. Semoga dengan berbagai upaya yang kita lakukan, memberikan manfaat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di waktu mendatang,” tandas Haumahu. (LAM)

Comment