by

Siwang Paradise Butuh Dukungan Pemkot

Ambon, BKA- Lokasi wisata Siwang Paradise, dusun Siwang, kecamatan Nusaniwe, saat ini menjadi salah satu lokasi wisata gunung yang paling diminati masyarakat kota Ambon untuk dikunjungi. Sayangnya, Siwang Paradise ini butuh dukungan Pemerintah Kota lantaran akses jalannya masih rusak parah.

Setiap hari, ada pengunjung yang datang ke lokasi tersebut untuk berfoto dan menikmati pemandangan yang ada. Selain Siwang Paradise, ada beberapa lokasi wisata lainnya yang berdekatan. Masing-masing lokasi di bukit dusung Siwang ini, menawarkan berbagai pemandangan yang menarik.

Namun akibat akses jalan yang rusak parah itu, membuat para pengunjung terkadang malas untuk kembali berkunjung ke lokasi Siwang. Sebab, para pengunjung harus melintasi jalan rusak yang panjangnya sekitar 3 kilometer.

Anggota DPRD Kota Ambon, Taha Abubakar, saat dikonfirmasi mengaku, telah berkunjung bersama keluarga untuk melihat lokasi wisata Siwang Paradise. Dimana dari lokasi tersebut, bisa melihat langsung kondisi laut, bukit dan lainnya dari ketinggian.

Diakuinya, kondisi jalan Siwang sangat rusak parah dan harus menjadi perhatian Pemerintah Kota Ambon untuk diperbaiki, meski tempat wisata tersebut masih dikelola oleh pemilik lahan.

“Kalaupun itu dikelola secara pribadi, tetapi tetap mereka membayar pajak. Untuk itu, Pemkot Ambon harus berkoordinasi dan bekerja sama dengan yang bersangkutan secara baik. Lalu yang disiapkan pemerintah seperti jalan dan sarana lampu jalan, karena itu tetap menjadi tanggung jawab pemerintah kota,” ungkap Taha, kepada wartawan di gedung DPRD Belakang Soya, Senin (16/11).

Ketua Fraksi Keadilan dan Persatuan (PKS-PPP) DPRD Ambon ini menilai, persoalan jalan ini telah didorong oleh DPRD agar dapat diperbaiki lewat APBD 2021. Dan hal tersebut harus disiapkan oleh Pemkot untuk mempermudah masyarakat mengakses jalan tersebut.

“Siwang Paradise ini kan lokasi trend wisata saat ini yang dikunjungi. Jadi harus ada dukungan dari Pemerintah Kota dengan memperbaki kerusakan jalan tersebut. Dan harus ada dukungan dari pemerintah lewat dinas pariwisata, karena ini kedepan bisa menarik wisatawan dari luar untuk berkunjung ke Ambon,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono menegaskan, untuk perbaikan jalan Siwang telah didorong oleh DPRD Kota Ambon agar dapat diperbaiki lewat APBD 2021. Menurutnya, berbagai kerusakan jalan seperti Siwang dan lainnya, harusnya diperbaiki di tahun ini. Hanya saja akibat pandemi Covid-19, banyak pembangunan infrastruktur yang mengalami refocusing. Yakni telah dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Memang untuk berbagai pembangunan infrastruktur seperti jalan Gadihu, jalan Siwang, harusnya diperbaiki di tahun ini. Tapi lantaran Covid-19 dan harus direfocusing, maka didorong di tahun 2021 mendatang. Seperti jalan Gadihu dan Siwang, termasuk lainnya yang rusak akibat banjir,” pungkas Latupono. (UPE)

Comment