by

SLB Nania Tetap Dengan Pembelajaran Bina Diri

Ambon, BKA- Selain melakukan belajar Daring bagi anak-anak yang mampu menggunakan smarthphone, Sekolah Luar Biasa (SLB) Nania pada semester genap ini juga akan tetap lanjut dengan proses pembelajaran bina diri di rumah. Demikian ucap Kepala SLB Nania, Endah Pertiwi, Jumat (15/1).

Seperti pada semester ganjil lalu, kata Pertiwi, pembelajaran bina diri yang dilakukan itu hanya khusus bagi siswa disabilitas, yang memang mengalami keterbatasan secara akademik.

Untuk mengisi waktu di rumah selama pandemi Covid-19, siswa berkebutuhan khusus ini diberikan ruang untuk mengerjakan apa saja sesuai dengan kemampuan mereka di rumah, dengan tetap didampingi oleh orangtua.

“Nah itu yang masih tetap kita lanjutkan di semester genap ini. Karena masih belum bisa untuk belajar tatap muka. Kita mau ambil langkah lain juga, belum tentu menjawab kebutuhan mereka. Sebab mereka ini kan berbeda dengan anak-anak lain pada sekolah reguler. Jadi harus gunakan pola belajar yang benar-benar menyentuh kebutuhan mereka selama di rumah,” ungkapnya.

Disamping itu, lanjut Pertiwi, sekolah juga membuka ruang bagi orangtua untuk datang ke sekolah melakukan koordinasi dengan para guru, jika menemui kendala atau masalah selama mendampingin anak belajar di rumah.

“Anak-anak ini kan harus dituntun dengan ramah, juga dengan bahasa yang mudah dimengertilah. Nah, apa jadinya kalau orangtua jenuh. Jadi kita minta orangtua untuk tetap bangun koordinasi dengan kami. Sekolah tetap buka untuk terima orangtua di sekolah, supaya apa yang dialami, bisa teratasi dengan baik oleh orangtua bersama guru. Itu yang kita masih tetap lakukan ditengah pandemi ini, khusus pada proses belajar di semester genap,” tutup Pertiwi. (LAM)

Comment