by

SMA Siap BTM

Ambon, BKA- Kepala SMA Kartika Ambon, D. Adriansz, mengatakan, pihaknya siap melakukan Belajar Tatap Muka (BTM) pada tahun ajaran baru 2021/2022.

Hal itu dia sampaikan, sesuai instrumen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku terkait kesiapan teknis BTM. Sekolah diminta untuk menyiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan, agar BTM dapat berjalan lancar tanpa penyebaran Covid-19.

“Kalau sekolah tetap siap saja. Tapi itu bukan lalu menjadi jaminan kita lakukan BTM. Karena harus meminta dukungan dari orangtua dan komite sekolah dulu. Sehingga akan kita bicarakan bersama, untuk menindaklanjuti intsrumen dari dinas,” ujar Adriansz, Rabu (3/4).

Dukungan dari orangtua dan komite sekolah sangat penting. Karena sekalipun dinas sudah menurunkan instrumen, tetap saja BTM belum dapat dilakukan, jika orangtua atau komite sekolah belum mengijinkan anak-anaknya untuk masuk sekolah seperti biasanya, tetap saja hal itu tidak bisa dilakukan.

Dengan demikian, implementasi kebijakan BTM, mesti dilakukan secara berjenjang. Mulai dari penentuan pemberian izin oleh pemerintah daerah, pemenuhan daftar periksa oleh satuan pendidikan, serta kesiapan menjalankan BTM, juga komite dan orangtua yang memiliki peran dalam menentukan izin penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada masing-masing satuan pendidikan.

“Jadi sekolah tetap merespons dengan baik upaya BTM. Tapi harus melalui orangtua dan komite, serta kesiapan fasilitas dan peralatan kesehatan yang menunjang di sekolah. Sehingga kami akan duduk bersama untuk bicarakan, itu dengan orangtua dan komite sekolah. Karena soal kesiapan lainnya, sekolah sudah siap dari jauh-jauh hari,” tandas Adriaansz. (LAM)

Comment