by

SMK Dibolehkan Lakukan Praktek Tatap Muka

Ambon, BKA- Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 7 Ambon, Saiful, mengatakan, sekolah kejuruan dibolehkan untuk melaksanakan kegiatan praktikum secara tatap muka di laboratorium atau bengkel.

Namun pelaksanaanya, terangnya, harus mengacu pada protokol kesehatan (Prokes), termasuk pembatasan jumlah siswa di dalam bengkel.

“Sebagai pimpinan di lembaga ini, dalam rangka proses pembelajaran, kita sudah mendahuluinya dengan rapat bersama dengan komite dan dewan guru, dalam rangka mengambil langkah persiapan terkait dengan proses pembelajaran menggunakan metode Daring. Dan khusus untuk SMK, dibolehkan pelaksanaan belajar praktek dalan bentuk tatap muka secara terbatas, sesuai ketentuan Prokes,” kata Saiful.

Untuk itu, dalam persiapan ujian akhir bagi siswa kelas XII yang tinggal beberapa waktu lagi, pelaksanaanya masih sama dengan tahun kemarin, yakni, menggunakan sistim online.

Sedangkan dalam pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) juga menggunakan pola yang sama, dengan sistim online. Namun tidak semua sistim mendapat fasilitas, sehingga pihak sekolah berkewajiban untuk menyedikan fasilitas sistim ujian ofline.

“Tahun lalu kita juga sudah menggunakan pola yang sama, dengan menggunakan dua ruang secara ofline, bagi siswa yang tidak memiliki fasiliatas,” jelasnya.

Khusus untuk persiapan ujian Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), telah dilakukan sosiasliasi sebelumnya oleh para guru kepada para siswa menggunakan berbagai pelatihan, guna siapkan siswa agar mampu menjawab soal-soal AKM.

Karena dalam AKM sendiri terdapat kategori penilaian, antara lain, mengukur Literasi Membaca dan Numerasi, termasuk krakter. (RHM)

Comment