by

Soal Penangkapan Tiga Pegawai Narkoba

Nurka: Kita Serahkan Kepada Pihak Berwajib

Ambon, BKA- Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Maluku, Andi Nurka, menyerahkan seluruh proses hukum terhadap tiga pegawai lingkup kantor tersebut kepada pihak berwajib.

Diketahui, 27 November lalu, tiga pegawai lingkup Kemenkumham Maluku diringkus Ditresnarkoba Polda Maluku, karena dugaan penyalahgunaan narkotika. Ketiganya, yakni, BBS, FH dan IS.

Memang sejak 2019 lalu, ketiga pegawai itu sudah terindikasi penyalahgunaan narkoba. Namun saat itu belum terbukti.

Walau belum terbukti, tapi setelah mendengar ada informasi dugaan penyalahgunaan narkoba oleh ketiganya, selaku pimpinan dia tetap melakukan upaya prefentif terhadap mereka. Yaitu berupa pembinaan, hingga pemutasian.

“Saya selaku pimpinan, menyerahkan secara hukum. Mereka harus diproses secara hukum, karena sebelumnya kami sudah melaksanakan pendekatan-pendekatan secara pemimpin. Tapi namanya manusia biasa, dan saya juga termasuk mungkin kecolongan. Tapi apa boleh buat, tidak bisa berbuat banyak. Yang pasti saya sudah pernah bertindak tahun kemarin (2019), dan ternyata mereka masih berbuat lagi. Sekarang proses hukum sudah mengambilnya. Mau tidak mau, ya harus dijalani. Tahun kemarin, mereka tugas di Lapas Ambon, tapi ada indikasi berdasarkan cerita atau informasi yang saya dapatkan, bahwa mereka itu ada mendekati unsur narkoba. Tapi kan, pada saat itu belum terbukti. Sehingga sebagai atasan, tetap kita ambil tindakan untuk memindahkan dan saat itu mereka dipindahkan ke Bapas dan Rubbasan dari lapas Ambon. Nah, itu kita lakukan, karena siapa tahu benar, yang diperbuat itu kan bisa merusak warga binaan di Lapas. Selama 1 tahun ini, pengawasan terus kami lakukan. Dan pada waktu itu, kami sudah buat pernyataan dari suami-istri, termasuk dua-duanya kita berikan pernyataan. Bahkan setiap saat, saya panggil untuk cek perkembangan mereka. Ternyata sekarang sudah ada penangkapan dari pihak berwajib Ditresnarkoba Polda Maluku. Jadi kita ikut saja alur hukum sekarang,” kata Nurka, Senin (30/11). Setelah menerima informasi resmi dari Ditresnarkoba Polda Maluku

Terkait status kepegawaian ketiga pegawai yang tertangkap itu, tegas Nurka, pasti akan diproses secara administarasi. Namun akan disesuaikan dengan perkembangan proses hukum yang nanti dilakukan. Sebab dia sendiri belum tahu secara hukum, keputusan selanjutnya kepada ketiga anak buahnya itu.

“Kita akan melihat kedepan, proses hukum bagaimana dari pihak penyidik, dan akan saya amati dan kami juga akan proses secara administrasi kepegawaian. Jadi dengan status kepegawaian mereka, nanti kita lihat bagaimana perkembangannya. Karena kita belum bisa mengambil keputusan soal status kepegawaian mereka. Kita lihat perkembangan dulu, apakah dia itu pemakai atau pengedar, kita kan belum tahu sampai situ. Intinya, kita serahkan saja kepada pihak yang berwajib, dan itu kami akan mengikuti bagaimana proses selanjutnya,” tandas Nurka.(LAM)

Comment