by

Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Orangtua

beritakotaambon.com – SMP Negeri 19 Ambon menggelar sosialisasi vaksinasi Covid-19 bagi orangtua siswa, Selasa (24/8).

Sosialisasi itu dilakukan SMP 19 bekerja sama dengan Puskesmas Benteng, guna memberikan pemahaman kepada orangtua terkait vaksin yang akan diberikan bagi anak usia 12 tahun hingga 17 tahun.

Pada sosialisasi itu, orangtua diberi pemahaman tentang berbagai mekanisme yang dilakukan sebelum anak disuntik vaksin Covid-19. Berbagai mekanisme itu harus dilakukan, sehingga vaksin yang dilakukan aman.

Baca juga: DPRD Setuju Uji Kelayakan Kepsek Dilanjutkan

“Akan ada tahapan sebelum anak divaksinasi, yaitu, pendaftaran, scranning atau pemeriksaan. Setelah melewati pemeriksaan, baru diberikan vaksin. Yang terakhir, anak diberikan waktu 15 menit untuk melihat apakah ada reaksi untuk bisa dilakukan tindakan lebih lanjut. Anak tidak akan diberikan vaksin, jika memiliki sakit bawaan,” jelas pemateri dari Puskesmas Bentewng, dr. Rulia Nainggolan.

Kepala SMP Negeri 19 Ambon, Novy Gaspersz, mengatakan, akan melakukan koordinasi dengan Puskesmas Benteng, agar siswa SMP tersebut dapat melakukan vaksin di Puskesmas itu.

“Saya sementara meminta, agar kita SMP 19 bisa vaksin di Puskesmas Benteng saja. Sehingga anak dan orangtua tidak harus ke Lapangan Merdeka untuk bisa vaksin. Karena sesuai jadwal, Kecamatan Nusaniwe itu di Lapangan Merdeka,” kata Gaspersz.

Baca juga: Siswa Terbatas Fasilitas Daring

Dia berharap, dengan adanya vaksinasi bagi anak sekolah ini bisa menjadi langkah awal agar proses belajar mengajar dapat segera dilakukan secara tatap muka.

“Harapan kami semua, baik sekolah maupun orangtua, yaitu bisa kembali sekolah tatap muka. Daring ini sudah terlalu lama diberlakukan, sehingga anak-anak rindu untuk belajar tatap muka disekolah,” harapnya. (BKA-1)

Comment