by

Status Hukum Fery Tanaya Tergantung Putusan Kasasi

AMBON-BKA, Dipastikan, nasib Fery Tanaya, terdakwa kasus dugaan korupsi lahan untuk pembangunan kantor PLTMG Namlea ini, tergantung pada putusan Kasasi Mahkamah Agung RI.

Jaksa Penuntut Umum, Ahcmad Attamimi melalui, kasi Penkum Kejati Makuku, Wahyudi Kareba, mengatakan, terhadap langkah hukum kasasi terhadap Fery Tanaya dan Abdul Gafur Laitupa, Kejati Maluku sudah menyatakan kasasi melalui panitera tipikor Pengadilan Tipikor Ambon.

“Pekan kemarin sudah kita nyatakan kasasi melalui panitera tipikor Pengadilan Negeri Ambon. Selanjutnya, memori kasasi kita sedang siapkan untuk diserahkan ke Pengadilan untuk di kirim ke MA,” ujar Wahyudi, Minggu kemarin.

Kata dia, meski Fery Tanaya dan Abdul Gafur Laitupa, saat ini sudah dibebaskan dari tahanan Rutan kelas II A Ambon, namun proses hukum terhadap yang bersangkutan masih berjalan.
“Status keduanya belum selesai terhadap proses kasus PLTMG Namlea ini. Sehingga diharapkan semua pihak untuk bersabar menanti proses hukum kasus ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Maluku, Muji Martopo, memastikan, terhadap status hukum Fery Tanaya yang divonis bebas majelis hakim Pengadilan Tipikor Ambon, akan menempuh jalur kasasi ke Mahkamah Agung RI.

Menurutnya, sekalipun majelis memvonis bebas Fery Tanaya, namun Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Maluku tak tinggal diam.

“Kita juga tidak tinggal diam, kita akan ajukan kasasi ke MA,” ujar Martopo, Minggu (8/8).
Selain Fery Tanaya, rekannya Abdul Gafur Laitupa, selaku kepala Seksi pengukuran di BPN Buru pun akan dilakukan proses hukum yang sama.

“Selain Tanaya, rekannya Abdul Gafur juga kita kasasi, saat ini kita diberika waktu 14 hari untuk menyatakan kasasi, ” jelasnya.

Jaksa berpangkat tiga bunga melati ini mengaku, berdasarkan dakwaan jaksa, baik pasal 2 dan pasal 3, unsur-unsur yang dilakukan kedua terdakws dalam kasus pembelian lahan untuk kantor PLTMG Namlea ini terbukti. Hanya saja, pertimbangan hakim tidak sama dengan JPU.

“Karena dari itu lah, kita Kasasi. Dalam waktu dekat jaksa sudah masukan memori kasasinya,” tandasnya. (SAD)

Comment