by

Stok Bahan Pokok di MBD Aman

Kepala Dinas Perisdustrian Perdagangan dan Koperasi (DisindagKop) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Melwar Untajana, menjamin ketersediaan bahan pokok aman hingga lima bulan ke depan.

Ia menyarankan, agar masyarakat MBD tak perlu khawatir terkait bahan pokok. Sebab, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah diterapkan, karena pemerintah setempat telah menjamin ketersediaan pangan.

Menurut dia, sekalipun PSBB telah diterapkan, namun distribusi bahan pokok tetap lancar. Dimana aktivitas kapal akomodasi dan kapal penumpang wilayah Kabupaten MBD, tetap beraktivitas seperti biasa.

“Distribusi bahan pokok di kabupaten MBD berasal dari beberapa wilayah, yakni Kota Ambon, Kupang dan Surabaya. Ini agar dapat mengantisipasi kekurangan pangan pada musim-musim paceklik,” jelas Melwar, kepada koran ini, Rabu (9/3).

Dikatakan, jumlah ketersediaan bahan pokok untuk ketahanan pangan di tahun 2021 antara lain, beras sebanyak 217 ton, gula pasir 54 ton, minyak goreng 19 ton, margarine 7 ton, daging ayam 8 ton , telur 4 ton, terigu 35 ton, susu 7 ton , bawang putih 51 kg, bawang merah 35 kg , garam beryodium 10 ton dan jagung halus 16 ton.

“Dengan jumlah ketersediaan saat ini, maka dapat dipastikan pemenuhan kebutuhan pokok untuk masyarakat terpenuhi,” ungkapnya.

Selain itu, untuk mengamankan stok bahan pokok. Dinasnya selain berkoordinasi dengan Disperindag Provinsi, juga melakukan koordinasi dengan distributor lokal yang ada.
“Salah satu Distributor di kota Tiakur diketahui memiliki kapal akomodasi yang mengangkut bahan pokok langsung dari Surabaya. Sehingga kita memanfaatkan potensi tersebut untuk menjamin kebutuhan pokok yang ada,” paparnya.

Sekalipun stok bahan pokok terjamin, tambah Melwar, namun dinasnya tetap melakukan inspeksi pasar, guna menjamin tidak terjadinya lonjakan harga pasar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. (GEM)

Comment