by

Stok Sembako Masih Aman

Ambon, BKA- Kendati masih berada dalam suasana pandemi Covid-19, stok sembilan bahan pokok (sembako) untuk kota Ambon dipastikan aman hingga beberapa bulan kedepan.

“Untuk stok sembako cukup aman. Baik itu beras, minyak, mentega, daging segala macam itu cukup, susu, itu semua terpenuhi. Itu untuk tiga sampai empat bulan kedepan,” tandas Sekretaris Disperindag Kota Ambon, Janes Aponno, saat dihubungi wartawan, Kamis (6/8).

Sementara menyangkut harga, kata dia, harga bawang merah di pasar tradisonal yang sebelumnya diangka Rp 50-60 ribu, saat ini sudah mengalami penurunan diharga Rp 30 ribu.

“Bawang merah yang kemarin itu, sampai capai lima enam puluh ribu itu sudah turun sekali. Karena memang kita sudah masuk pada waktu untuk pangan bawang. Jadi bawang merah sekarang sudah teratasi,” ungkapnya.

Sedangkan untuk harga bawang putih sendiri, dia menuturkan tidak ada perubahan, yakni masih stabil dengan harga sebesar Rp 30 ribu.
“Kebutuhan bawang merah itu lebih besar dari pada bawang putih. Untuk bawang putih harganya stabil. Bawang putih harga tetap stabil dengan harga tiga puluhan ribu per kilo,” cetusnya.

Akibat jalan lintas seram lagi rusak, sambung dia, membuat angkutan besar kesulitan mengekspor bahan-bahan pokok ke Kota Ambon. Bahkan ini berdampak terhadap kenaikan harga cabai rawit.

“Sementara ini, jalan yang dari Seram di Maluku Tengah, jembatannya lagi rusak. Jadi mobil-mobil angkut yang besar dilarang lewat. Jadi mereka hanya dengan ojek, jadi volume yang masuk untuk kebutuhan pokok sayur-sayuran dan juga bumbu-bumbu masak otomatis terganggu. Sehingga memang ada sedikit kenaikan di harga cabe rawit. Sayur-sayuran stabil, malah harganya lebih murah ketika musim hujan,” papar dia.

Selain harga cabai rawit, harga ikan di pasar juga mengalami kenaikan. Hal ini terjadi akibat adanya musim penghujan atau musim timur yang membuat para nelayan sulit mendapatkan ikan dengan mudah. (BKA-1).

Comment