by

Stok Sembako Masih Aman

Ambon, BKA- Meski masih dalam suasana pandemi, stok sembilan bahan pokok (sembako) untuk wilayah kota Ambon masih aman hingga beberapa bulan ke depan. Hal ini dipastikan Sekertaris Disperindag Kota Ambon, Janes Aponno, saat dikonfirmasi koran ini kemarin.

“Walaupun di tengah Covid-19, keterdediaan beras, gula, minyak maupun daging bisa terjangkau hingga beberapa bulan ke depan. Stoknya bisa bertahan hingga tiga sampai empat bulan mendatang,” akui Janes.

Untuk ketersediaan pangan, di sejumlah pasar tradisional hingga pasar modern di Kota Ambon, seluruh kebutuhan belum terlepas dari jangkauan normal. Yang mana belum ada kenaikan harga yang membuat masyarakat resah di tengah Covid-19.

Akan tetapi, hanya harga ikan yang kadang mengalami kenaikan akibat cuaca. Sedangkan untuk harga bawang merah atau cabai rawit dan lainnya sempat melonjak naik, namun sudah kembali stabil.

“Bukan hanya cabai, beberapa waktu lalu bawang merah juga mengalami kenaikan. Tapi saat ini kisaran harga yang terdapat di pasar sudah sangat terjangkau, sebab harganya sudah mulai berkisar diangka 25 hingga 30nper kilogram,” cetusnya.

Sementara untuk telur, stoknya masih dikatakan aman. Tapi bila dibeli dengan per butir, kemungkinan ada kenaikan harga yang dibuat pihak ketiga atau pedagang kecil.

“Untuk Telur, stok kita di Kota Ambon cukup di distributor. Cuma, Kalau belanja Keuntungannya juga hanya berkisar 100 sampai 200 perak dari penjualan per butir. Jadi harganya bisa sampai 1.800 perak,” tutup dia. (BKA-1).

 

Comment