by

Syarat Barcelona Daftarkan Messi, Aguero, Depay di La Liga

Barcelona harus mengurangi beban gaji hingga 200 juta euro atau Rp3,42 triliun agar bisa mendaftarkan Lionel Messi, Sergio Aguero, dan Memphis Depay di Liga Spanyol.

Pengurangan beban gaji itu harus dilakukan Barcelona seiring perubahan kebijakan yang dilakukan operator kompetisi, La Liga terkait pembatasan gaji setiap tim di tengah pandemi Covid-19 jelang Liga Spanyol musim 2021/2022.

Barcelona termasuk dalam tim yang mengalami penyesuaian batasan gaji dibandingkan musim sebelumnya. Dari angka 671 juta euro untuk musim lalu menjadi hanya 383 juta euro (Rp6,56 triliun).
Penyusutan angka batasan gaji ini berdampak ke pemain. Beban gaji Blaugrana yang terlalu besar membuat mereka harus melakukan cuci gudang agar bisa mendaftarkan pemain-pemain baru. Tak terkecuali, memastikan Messi bisa kembali berseragam Barcelona.
Barcelona telah melampaui batasan gaji di Liga Spanyol. Alhasil, pemain-pemain baru seperti Sergio Aguero, Memphis Depay, Emerson Royal, dan Eric Garcia belum bisa didaftarkan secara resmi ke La Liga.
Kondisi ini bertambah sulit karena pihak klub ingin memastikan Messi tetap bermain di Camp Nou pada musim depan. Sebelum berstatus bebas transfer, La Pulga mendapatkan kontrak 133 juta euro (Rp2,27 triliun) per musim.

Dilansir dari ESPN, Presiden La Liga, Javier Tebas sebelumnya sudah mengingatkan Barcelona berisiko tidak bisa mendaftarkan Messi jika tidak mengurangi beban gaji klub. Situasi pelik ini sekarang harus dihadapi Barcelona agar bisa memakai tenaga Messi dan pemain-pemain baru yang mereka rekrut.
Dengan keinginan mempertahankan Messi plus kedatangan Aguero dan Depay, manajemen Barcelona harus memutar otak lebih keras. Pihak klub harus mencari cara mengurangi beban gaji sebesar Rp 3,42 triliun untuk mengakomodir kehadiran Messi, Aguero, dan Depay dalam skuad asuhan Ronald Koeman pada musim depan.
Beberapa pemain seperti Junior Firpo, Konrad De La Fuente, dan Jean Claire Todibo telah dilepas oleh Barcelona meski tak cukup signifikan dalam mengurangi beban gaji klub. Barcelona juga telah memasukkan Samuel Umtiti, Miralem Pjanic, dan Philippe Coutinho dalam daftar jual berharap kepergian ketiga pemain ini bisa mengurangi beban gaji hingga 64 juta euro (Rp 1,09 triliun).
Namun demikian, kepergian Pjanic, Umtiti, dan Coutinho jika itu terjadi belum menyelesaikan pekerjaan rumah Barcelona dan membuat pemain-pemain lain dengan gaji besar tetapi minim kontribusi juga terancam didepak demi memangkas beban gaji. (INT)

Comment