by

Tagop Diminta Evaluasi Keterlibatan ASN Di Pilkada

Ambon, BKA- Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulisa, diminta melakukan evaluasi terhadap dugaan adanya keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap pemenangan pasangan calon (Paslon) tertentu, pada pelaskanaan Pilkada kabupaten tersebut.


“Kami minta secara tegas, Bupati Bursel untuk dapat mengambil langkah tegas kepada jajaran ASN Pemda Bursel yang tidak netral, sengaja terjun ke Lapangan mengawal Paslon Kandidat tertentu pada momen tersebut,” pinta tokoh pemuda Bursel, Epot Latbual, Sabtu(28/11).

Menurutnya, ASN dalam tugas dan fungsinya sebagai abdi negara dalam satu pemerintahan daerah, sudah diatur dalam UU ASN. Sehingga apapun alasannya, tidak bisa terlibat dalam politik praktis. Apalagi terlibat langsung bekerja untuk memengkan calon kandidat tertentu.

Guna mewujudkan dan dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun bupati harus dapat mengambil langkah tegas terhadap ASN yang nakal dan menyalahi fungsinya, dengan memberi sangsi mutasi jabatan di tempat lain.

“Kami tegaskan ke bupati agar bisa mengambil langkah tegas terhadap ASN yang tidak mematuhi UU ASN. Kami juga pastikan, akan melakukan konsolidasi gerakan (demo) dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk sejumlah OKP,” tutur Latbual.

Senada, tokoh pemuda Kecamatan Waesama, Imran Souwakil, menuturkan, tahapan suksesi Pilkada kini memasuki tahapan pencoblosan. Sehingga disinyalir, terdapat sejumlah ASN di Lingkup Pemkab Bursel terjun kelapangan untuk mengamankan Paslon tertentu.

“Sekali lagi, terhadap ASN tersebut, segera bupati mengambil langkah tegas melaui mutasi dan diganti dengan ASN yang lain,” pungkas Souwakil. (RHM)

Comment