by

Tahun Ini, Pilkades Serentak Dilakukan

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memastikan, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di seluruh desa/negeri akan diupayakan bisa berjalan dalam tahun ini. Demikian disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Kota Ambon, Ema Waliulu, dalam konferensi pers di ruang Media Center, Balai Kota, Rabu (2/6).

Dalam pemilihan ini, menurut dia, Negeri Hative Kecil juga termasuk. Lantaran segala persyaratan dalam pemilihan raja definitif sudah disiapkan.

“Sebenarnya September paling lambat. Tapi ada beberapa regulasi yang harus kita rubah. Salah satunya e-voting. Dengan begitu proses ini belum bisa dipastikan September berlangsung. Yang jelas tahun ini,” terangnya.

Dijelaskan, dalam pemilihan kepala desa nanti, akan menggunakan alat yang dapat mendeteksi warga yang mempunyai e-KTP. “Ini tujuan untuk warga punya KTP harus tervalidasi dalam pencoblosan nanti,” ujarnya.

Terkait ini, Ema juga mengaku, untuk desa/negeri yang nantinya akan dijadikan e-voting adalah Desa Galala dan Desa Lata. “Karena sesuai edaran Mendagri dua Desa ini. Jadi satu TPS minimal DPT, ” sebut dia.

Dirinya meminta, agar ada dukungan dari masyarakat untuk memperlancar proses pemilihan dimaksud. “Doa-doa saja yah. Agar proses ini bisa berjalan lancar dalam tahun ini,” harap Ema. (IAN)

Comment