by

Tais Juara Ajang API 2020

Tais atau Tenun dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar, berhasil meraih juara II kategori Cinderamata Terpopuler diajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2020.

Penghargaan itu diterima Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan Setda Pemkab Kepulauan Tanimbar, Sabono, bersama Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Mynrik Batlolona, mewakili Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, pada malam Anugerah Pesona Indonesia (API) yang digelar di Hotel Inaya Bay, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), 20 Mei 2021 lalu.

Pagelaran Malam API 2020 tersebut dihadiri oleh perwakilan dari seluruh destinasi di tanah air, yang masuk nominasi API 2020.

API merupakan rangkaian tahunan yang telah diselenggarakan sejak 2016, sebagai ajang nasional bergengsi dan terbesar, dalam upaya memberikan apresiasi wisata di Indonesia.

Acara ini merupakan upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia, serta mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, swasta, maupun pemerintah, dalam mempromosikan wisata dan mengembangkan ekonomi kreatif disetiap daerah.

Pada API ke-5 2020, Tenun Tanimbar berhasil tampil sebagai Juara II untuk Kategori Cinderamata Terpopuler Tahun 2020. Sedangkan juara I di raih Rencong Batu dari Kabupaten Aceh Selatan. Juara III di raih Badak Kayu dari Kabupaten Pandeglang.

Terhadap keberhasilan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Mynrik Batlolona, mengucapkan terima kasih kepada Michael Hulkiawar yang merupakan salah satu masyarakat kabupaten itu, yang berinsiatif untuk mendaftarkan Tais sebagai salah satu nominasi API 2020 untuk kategori Cideramata Terpopuler di Indonesia.

“Kami berterima kasih banyak kepada bung Michael, karena tanpa beliau, kita tidak dapat meraih juara ini,” pungkas Batlolona.(BTA)

Comment