by

Tak Ada Bantuan Lansia Tahun Ini

Ambon, BKA- Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon, Nurhayati Jassin menyebutkan, kemungkinan bantuan sosial yang diperuntukan bagi orang yang sudah lanjut usia (lansia) di Kota Ambon, tidak ada untuk tahun ini. Sebab, bantuan lansia di tahun 2020 lalu, sifatnya kelompok berupa barang yang dapat dijual kembali.

“Tahun ini kayanya tidak ada. Karena kita tergantung pada sistem, ada nomen klaturnya atau tidak,” tandas Nurhayati, kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (27/1).
Kata dia, bantuan bagi lansia tersebut, bersumber dari Anggaran pendapatan dan belanja Daerah (APBD) Kota Ambon tahun 2020.

“Satu kelompok itu untuk lansia terlantar. Jadi itu tidak semua lansia, karena dana kita tidak cukup kalau semua lansia. Dananya dari APBD. Jadi kelompok itu kita kasi modal dalam bentuk barang, untuk mereka jual. Itukan pemberdayaan usaha ekonomi produktif, itu kami (Dinsos) kasi, ” terangnya.

Dia menambahkan, untuk bantuan kepada warga miskin baru (misbar) di Kota Ambon, juga kemungkinan tidak ada di tahun ini. Sebab, warga Ambon sudah bisa melakukan aktivitas untuk kelangsungan hidup di tengah pandemi Covid-19.

“Kita cuma jalan dengan bansos reguler yang dari APBN. Karena sampai sekarang belum ada petunjuk dari pusat untuk misbar. Sekarang kota Ambon sudah berjalan seperti biasa. Berarti kalau sampai ada petunjuk, berarti kita harus ubah kriteria penerima,” bebernya.

Untuk tahun kemarin, jelas Nurhayati, warga belum bisa melakukan aktivitas, sehingga ada program misbar yang disalurkan oleh Pemerintah Pusat lewat Kementrian Sosial (Kemensos).

“Kemarin kan untuk pekerja non informal. Kaya sekarang tukang ojek sudah jalan seperti biasa. Untuk misbar tahun ini belum ada petunjuk. Karena kalau kisa kasih, harus refocusing anggaran,” pungkasnya. (IAN)

Comment