by

Tak Ada Marc Marquez Bikin Honda Menyerah Lebih Cepat

Tim balap Honda mendapatkan hasil yang tidak memuaskan dalam gelaran MotoGP Doha 2021. Tidak hadirnya Marc Marquez dalam balapan tersebut ternyata membuat tim pabrikan asal Jepang tersebut menyerah lebih cepat dalam mendapatkan hasil terbaik.

Sebagaimana diketahui, selama ini Marquez selalu menjadi andalan Honda untuk memperoleh kemenangan. Contohnya bisa dilihat pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2019, di mana The Baby Alien memenangkan 12 dari 19 seri balapan yang dilombakan.

Ironisnya, sejak Marc Marquez mengalami kecelakaan pada Juli 2020 dan cedera panjang, prestasi Honda pun turun drastis. Di musim ini, sosok pembalap baru, Pol Espargaro, dan juga rider penguji, Stefan Bradl, nyatanya masih belum bisa mempersembahkan hasil yang memuaskan.

Pada balapan MotoGP Doha 2021 misalnya, Espargaro hanya bisa finis di urutan ke-13, sedangkan Bradl di posisi ke-14. Padahal, Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, mengharapkan agar pembalapnya tersebut bisa menembus 10 besar.

Menurut Puig, Pol Espargaro sebenarnya memiliki kesempatan untuk finis di 10 besar karena melakukan start dengan baik dan secara perlahan menyodok ke depan. Hanya saja, Pol melebar sebanyak dua kali dan itu membuat posisinya disalip oleh pembalap lain.

Hal itu pada akhirnya membuat Puig kehilangan harapan. Karena ia sadar bahwa bukan hal yang mudah untuk bisa menyalip lagi. Seandainya ada Marc Marquez, mungkin kondisi akan berbeda.
“Ketika Pol Espargaro melebar untuk kedua kalinya di tikungan pertama, itu bukan pemandangan yang bagus dari dinding pit,” ujar Puig, dikutip dari Speedweek, Selasa (6/4/2021).

“Karena kami tahu bahwa (balapan) Grand Prix sudah berakhir bagi kami. Kami telah mengharapkan dan menetapkan tujuan untuk mengejar ketertinggalan dari grup di depan kami,” sambungnya.
“Saat itu, Pol hanya tertinggal 2,6 detik dari pemimpin balapan. Sepertinya ada potensi untuk memperebutkan tempat antara 5 dan 8. Potensi itu ada,” jelas Puig.

Tak hanya Pol dan Bradl, para pembalap satelit Honda juga tidak mendapatkan hasil yang menyenangkan dalam MotoGP Doha 2021. Takaaki Nakagami pasalnya hanya bisa finis ke-17. Sedangkan Alex Marquez mengalami kecelakaan sehingga gagal finis. (INT)

Comment