by

Taman I Ambon Terpantau CCTV

beritakotaambon.com – Pemerintah Kota Ambon lewat dinas terkait, telah memasang CCTV di taman I’AMBON yang berlokasi di bawah Jembatan Merah Putih (JMP). Hal ini untuk mencegah penyalahgunaan fungsi atau peruntukan terhadap Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Taman I’AMBON ini, telahknya strategis di tepian jalan protokol. Menariknya, taman ini selalu digunakan masyarakat untuk bersantai maupun melepas penat setelah berkendara. Sehingga sayang, jika salah satu RTH ini tidak terpantau CCTV.

Sebab terkadang, lokasi RTH ini sering disalahgunakan sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan menjadikan lokasi taman ini sebagai tempat konsumsi miras, berjudi hingga hal tak senonoh lainnya.

Pemkot Ambon sendiri, telah mengantisipasi hal tersebut, dengan menempatkan satu titik CCTV secara strategis, untuk memantau aktivitas masyarakat di RTH Taman I’AMBON.

Baca juga: SMA 13 Ambon Akan Terima Siswa Inklusif

Dengan CCTV yang terhubung di Command Center Kota Ambon, jika terjadi pelanggaran ketentraman dan ketertiban umum, dapat langsung dilaporkan dan ditindaklanjuti oleh Satuan Polisi Pamong Praja. (Satpol PP) Kota Ambon.

Kasatpol PP Kota Ambon, Josi Loppies menjelaskan, berdasarkan laporan yang masuk dari Command Center Kota Ambon, pihaknya melakukan patroli rutin ke RTH I’AMBON.

“Berdasarkan laporan dari Command Center, maka kita lakukan patroli rutin untuk pengawasan terhadap adanya pelanggaran Perda, khususnya Perda nomor 3 tahun 2017 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum. Terkait fasilitas umum yang disalahgunakan oleh masyarakat,” terang Josias, kepada wartawan, di Balai Kota, Selasa (21/9).

Ia menjelaskan, selain melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Perda, personil Satpol PP Kota Ambon secara persuasif juga menghimhau pengunjung agar dapat menjaga fasilitas umum yang disediakan pemerintah.

“Personil juga memberikan edukasi dan himbauan kepada pengunjung RTH Taman I’Ambon di bawah JMP untuk tidak melakukan aktivitas yang melanggar hukum dan norma,” jelasnya.

Diharapkan, dengan adanya patroli rutin Satpol PP, maka kedepan tidak ada lagi penyalahgunaan fungsi RTH yang dilakukan oknum yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga:
Pandemi, Permintaan Izin Usaha Meningkat

“Jika terjadi penyalahgunaan fungsi, maka tentunya masyarakat sekitar RTH menjadi resah, menyebabkan potensi kriminalitas. Dan pada akhirnya merusak citra masyarakat Kota Ambon. Ini yang harus diantisipasi,” tutup Josias. (IAN)

Comment