by

Tambah Kapasitas, DPRD SBT Ikut Bimtek

Ambon, BKA- Untuk meningkatkan kapasitas serta ketrampilan sebagai wakil rakyat, DPRD Kabupaten SBT mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di ibukota Jakarta.

Anggota DPRD SBT, Abdul Azis Yanlua, saat dikonfirmasi koran ini mengaku, saat ini dirinya bersama puluhan anggota legislatif (Aleg) DPRD SBT lainnya sementara mengikuti bimtek di Jakarta. Yang mana Bimtek tersebut telah dijadwalkan oleh Kementerian Dalam Negri (Kemendagri). “Iya saat ini kita mengikuti Bimtek di Jakarta. Bimtek itukan diangendakan Kemendagri,”ucap Yanlua.

Ketua Fraksi PDIP Kabupaten SBT ini menjelaskan, Bimtek merupakan agenda wajib tahunan bagi DPRD. Bimtek bertujuan agar seluruh anggota DPRD dapat memahami seluruh produk undang-undang maupun peraturan pemerintah maupun peraturan mentri.

“Lebih spesial peraturan Mendagri dan Mentri Keuangan, soal pengelolaan keuangan daerah. Karena setiap tahun anggaran itu, produk regulasinya berubah seiring dengan perkembangan zaman,” jelasnya.

Yanlua, yang juga Sekretaris DPC PDI-Perjuangan SBT itu menyebutkan, jadwal Bimtek DPRD SBT di Jakarta terbagi atas dua gelombang. “Untuk agenda Bimtek DPRD SBT di Jakarta terbagi dua gelombang. Gelombang pertama sudah selesai dan gelombang kedua akan berlangsung pada 5 Maret 2021,” tuturnya.

Bimtek tersebut, lanjut dia, diharapkan agar seluruh anggota DPRD SBT, bisa memaksimalkan fungsi pengawasan dan sinergi bersama Pemerintah Kabupaten SBT, dalam menjawab persoalan keungan daerah.
“Bimtek ini tak hanya diikuti DPRD SBT, akan tetapi dihadiri hampir semua DPRD Kabupaten se- Indonesia. Dalam hal pengembangan wawasan kaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah,” tutupnya. (SOF).

Comment