by

Tanimbar Dijatahi 40 Unit Jaringan 4G

beritakotaambon.com – Kemenkominfo RI, melalui sistem Kerja Sama Operasi (KSO), targetkan jaringan telekomunikasi 4G di 7.904 desa/kelurahan di wilayah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T) di seluruh Indonesia. Salah satunya Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) yang dijatahi 40 unit akses layanan internet dan 11 unit BTS.

Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Goverment dan Persandian Dinas Kominfo KKT, Ernes Falikres, menjelaskan, layanan seluler untuk BTS 4G di wilayah 3T ini tidak kalah pentingnya dari pembangunan infrastruktur itu sendiri. Dan untuk KKT mendapatkan kuota tersebut di tahun ini.

“Akses internet ini akan ditempatkan pada titik blank spot signal lemah,” terang Ernes, kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu (25/8).

Baca juga: Sinergi Pempus dan Malra Kembangkan Industri Rumput Laut

Menurut dia, dari 10 kecamatan di KKT, Kecamatan Wuarlabobar yang menjadi fokus akses layanan tersebut. Dan diharapkan 2022 mendatang, daerah-daearh di Tanimbar sudah bebas signal. Sementara Kecamatan Molu Maru sudah ada dalam mode bebas signal, artinya jaringan selular sudah tersedia disana.

“Pekan depan tahap pertama untuk penyediaan akses internet bagi 10 unit di desa-desa. Sekarang ini kan ada 80-an proposal yang masuk. Jadi kalau tahun ini sudah 40 yang terlayani, artinya tahun depan KKT sudah bebas signal,” pungkasnya. (BTA)

Comment