by

Tawiri Akan Gunakan DD 1 Miliar

Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon akan menggunakan dana desa (DD) sebanyak Rp 1 miliar untuk tahun ini. Hal ini diakui Sekertaris Desa Tawiri, Andi Patty, kepada koran ini, Jumat (21/5).

Menurutnya, berdasarkan penetepan pagu anggaran tahun ini, DD yang dipakai berjumlah Rp 1 miliar dan Alokasi Dana Desa (ADD) sebanyak Rp 2 miliar.

“Berdasarkan penetapan pagu anggaran, kami akan gunakan 1 miliar untuk tahun ini yang bersumber dari Dana Desa (DD). Sedangkan dari Alokasi Dana Desa 2 miliar,” sebut Andi.

Dikatakan, dana tersebut akan digunakan untuk berbagai program dibidang pembangunan, pemberdayaan. Yakni berdasarkan penetapan RKP, akan ada beberapa program prioritas yang dilakukan.

“Kami sudah lakukan musrembang, jadi ada beberapa penetapan program berdasarkan RKP. Itu kita akan lihat skala prioritas dan mengutamakan yang lebih penting untuk bisa dilakukan lebih awal,” jelasnya.

Dituturkan, kemiskinan dan taraf pendidikan masyarakat menjadi fokus utama program tahun ini. Ada juga program untuk kesejahteraan perempuan. Selain itu ada juga penangangan Covid-19 yang dilakukan Pemdes Tawiri.

“Kami juga akan menyusun program untuk kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan. Kemudian ada juga untuk penanganan Covid-19. Seperti sosialisasi, pemberian bansos dan BLT,” tutupnya. (BKA-1)

Comment