by

Tawiri Bentuk Tim Pendataan Kebutuhan Warga

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, mulai membentuk tim pendataan yang akan mendata kebutuhan masyarakat di lingkungannya. Tim ini akan melakukan pendataan terhadap keluhan masyarakat di setiap RT yang ada.

“Tim ini kami bentuk untuk melakukan pendataan mulai dari jumlah penduduk, pendidikan penduduk, kesehatan penduduk hingga kebutuhan paling mendasar yang diperlukan masyarakat. Tim ini akan berjalan mendata dari RT ke RT agar datanya valid dari warga,” terang Staf Pemerintah Desa Tawiri, Dedi Salembun, kepada koran ini, Rabu (28/4).

Setelah dilakukan pendataan, sambung dia, juga akan dilakukan evaluasi untuk menentukan kebutuhan apa yang perlu dipenuhi masyarakat. Kemudian pemerintah desa akan masukan untuk menjadi program tahunan.

“Setelah pendataan rampung kami akan evaluasi apa yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya masyarakat pesisir memerlukan apa, maka kita akan bantu lewat program yang ada. Semua ini demi mendorong ekonomi warga,” jelasnya.

Kata dia, tim tersebut juga menggunakan Indeks Desa Membangun (IDM) sebagai acuan pendataan. Ini bertujuan untuk mengarahkan Tawiri jadi desa mandiri di tahun kedepannya.

“Kami pakai IDM sebagai acuan pendataan ini dilakukan. Dengan begitu, kami bisa arahkan desa ini agar bisa menjadi desa mandiri di tahun berikutnya,” ucapnya.

Ia menambahkan, tim ini mulai dibentuk sejak Sabtu (17/4) pekan lalu, yang terdiri dari 12 orang dari pemerintah desa, dan 12 orang mahasiswa KKN yang sedang melakukan praktek di kantor desa. Sejak dibentuk, tim ini sudah mulai menjalankan tugasnya di masyarakat. (BKA-1)

Comment