by

TC di Korea Selatan, Timnas U-19 Harus Jalani Karantina 14 Hari

PSSI sudah memutuskan negara mana yang akan dijadikan lokasi training camp (TC) timnas U-19. Dari tiga negara yang sebelumnya masuk rencana, yakni Belanda, Jepang, dan Korea Selatan, PSSI memilih nama terakhir. Alasannya tak lain karena permintaan sang pelatih Shin Tae-yong.

Hal itu dikatakan Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi. ’’Nanti para pemain akan karantina dulu dua minggu di sana,’’ paparnya.

Dari awal, Korsel sebenarnya merupakan negara pilihan Shin Tae-yong untuk TC. Di sana, tim akan mendapat banyak pelajaran berharga. Selain fasilitas yang memadai, para pemain akan menghadapi tim-tim kuat dalam pertandingan uji coba.

PSSI awalnya tidak setuju dengan usul tersebut. Alasannya, ada aturan para pemain harus dikarantina lebih dulu. Hal itu yang kemudian jadi alasan Kroasia jadi tempat pertama untuk TC timnas U-19 di luar negeri.

Lantas, apa yang membuat PSSI luluh? Yunus enggan berkomentar banyak. Namun, yang pasti, menurut dia, di Korsel nanti para pemain mendapatkan banyak pelajaran. Korsel merupakan salah satu negara yang kekuatan sepak bolanya terbaik di Asia.

Sebelum bertolak ke Korsel, pria asli Gorontalo itu menyebut David Maulana dkk akan dikumpulkan di Jakarta. Akan melakukan TC sementara di Jakarta.

’’Tanggal 13 November ini kumpul di hotel, lalu Minggu (15/11) akan langsung latihan,’’ paparnya.

Nah, saat TC di Jakarta, timnas U-19 tidak akan dipimpin Shin Tae-yong dan stafnya. Sebab, pelatih 51 tahun tersebut sudah kembali ke negaranya.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri membenarkan hal itu. Nantinya, yang memimpin latihan timnas U-19 adalah asisten pelatih Nova Arianto.

’’Ya, yang memimpin nanti asisten pelatih dengan program yang diberikan Shin Tae-yong,’’ tegasnya.

Terkait nama-nama yang akan dipanggil, Indra tidak mau menyebutkan. Yang pasti, dia meminta semua pihak bersabar. Sebab, dalam waktu dekat PSSI merilisnya.

Saat ini, timnas U-19 melakukan TC virtual. Ada 37 pemain yang ikut serta. Termasuk 26 pemain yang sebelumnya ikut TC di Kroasia.(INT)

Comment