by

Teluk Kaeily Fofus Pemberdayaan Masyarakat

Ambon, BKA- Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Teluk Kaeily, memfokuskan program pemberdayaan masyarakat sebagai prioritas utama pada tahun 2021.

Kecamatan yang terletak di pesisir itu mempunyai lima desa, yakni, Desa Kaki Air, Seith, Waelapia, Massarete dan Desa Kaeyeli. Selain itu, juga mempunyai desa persiapan.

Camat Teluk Kaeily, Muhamad Tan, menegaskan, program tahun 2021 ini, lebih diprioritaskan kepada pemberdayaan demi meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di desa.


“Prioritas unggulan pada tahun 2021, itu kami lebih banyak atau lebih fokus ke kegiatan pemberdayaan. Karena kegiatan pemberdayaan itu salah satu untuk menagatasi kondisi Covid-19. Sehingga mungkin masyarakat bisa hidup lebih tenang,” kata Tan, kepada BeritaKota Ambon, Minggu (7/3).

Fokus Kecamatan Kaeily pada program pemberdayaan itu sesuai dengan keinginan Bupati Buru, Ramly Umasugi. “Keinginan pak bupati itu, kalau bisa nanti dana desa itu dipercepat proses pencairan, sehingga ekonomi bisa stabil. Karena kegiatan pemberdayaan itu kan memulihkan ekonomi nanti di desa, karena kalau desa kuat berarti kota juga kuat,” ungkapannya.

Menurutnya, upaya penguatan ekonomi daerah itu harus dimulai dari desa. Salah satu caranya, melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat menggunakan dana desa. Seperti pengembangan kewirausahaan atau UMKM kelompok masyarakat.

“Jadi usaha UMKM masyarakat dapat terbantu dengan adanya program pemberdayaan masyarakat, agar potensi ekonomi masyarakat desa bisa meningkat dan bisa membantu pemulihan ekonomi nasional,” pungkasnya.(MSR)

Comment