by

Tempat Usaha Harus Punya Alat Damkar

Ambon, BKA- Hingga pemeriksaan terkahir di bulan Maret ini, banyak tempat usaha di Kota Ambon belum memiliki alat pemadam kebakaran (Damkar). Kepala Damkar Kota Ambon, N. Edwin J. Pattikawa menyarankan, agar seluruh tempat usaha memiliki alat damkar, guna mengantisipasi bencana kebakaran.

Menurut dia, setiap gedung atau bangunan yang lebih dari dua lantai, wajib memiliki alat damkar. Diantaranya apar, splingker dan hydrant. Dan pihaknya sendiri, akan terus melakukan pemeriksaan terkait alat damkar di tempat-tempat usaha yang berlantai 2 keatas. Karena jika terus dilakukan pemeriksaan, maka tingkat kebakaran besar dapat turun dari tahun sebelumnya.

“Lewat pemeriksaan ini, kita mengedukasi masyarakat untuk melakukan proteksi diri kepada tempat usahanya. Karena kalau terjadi kebakaran yang pastinya korban juga adalah mereka yang pemilik tempat usaha itu,” jelas Pattikawa, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (8/3).

Selain tempat usaha, sambungnya, kantor pemerintahan Kota Ambon juga diperiksa. Dan itu sudah berlangsung sejak akhir tahun 2020 kemarin. Hal tersebut dilakukan untuk kebaikan bersama, sehingga bisa proteksi diri dari kebakaran.

“Termasuk juga sekolah-sekolah. Yang dibawah Pemerintah Kota Ambon, yaitu SD, SMP, dan TK-TK. Maupun sekolah dibawah Pemerintah Provinsi seperti SMA,” ucapnya.

Dijelaskan, kalaupun masyarakat mau mengantisipasi terjadinya kebakaran, maka harus memiliki alat damkar. Minimal apart. “Kami itu bisa berhasil, kalau kita cegah zero insiden. Bukan kita jago ketika terjadi kebakaran,” tandasnya. (IAN).

Comment