by

Tender Revitalisasi Pasar Mardika Segera Diumumkan

AMBON-BKA, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) akan segera mengumumkan siapa pemenang tender revitalisasi Pasar Mardika, untuk nantinya membangun pasar modern empat lantai itu.

Kepala Dinas Perindag Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat mengatakan, pengumuman pemenang tender revitalisasi diperkirakan Agustus 2021 mendatang.

Baca: Dibawah 17 Tahun Tak Perlu Kartu Vaksin

“Direncanakan mulai dari pengumuman sampai dengan penetapan pemenang itu, sesuai schedule (jadwal) yang kami peroleh, diperkirakan minggu kedua bulan Agustus,” sebut Sirjhon, kepada wartawan, Kamis (29/7).

Dijelaskan, ada prosedur-prosedur yang harus diselesaikan terlebih dahulu agar proses revitalisasi itu dapat berjalan dengan baik. Sehingga pengumuman itu diperkirakan Agustus akan datang.

“Karena setelah pemasukan berkas dokumen oleh penyedia misalnya perusahaan, itu ada proyeksi. Lalu kemudian sampai pada pentahapan berikut ada sanggahan, sampai dengan penetapan pemenang itu dia butuh proses,” terangnya.

Sirjhon juga mengaku, proses lelang tender ini sudah memasuki minggu ketiga berjalan (setelah pengumuman). Dan setelah penetapan pemenang sudah bisa diketahui, dan proses selanjutnya yakni penandatangan kontrak antara Pemkot dan perusahaan yang berhasil menang tender tersebut.

“Penetapan itu diperkirakan di minggu ke-dua bulan Agustus. Jadi setelah penetapan pemenang kemudian penandatangan kontrak itu, maka secara efektif surat penunjukan pelaksanaan kegiatan sudah dikeluarkan. Proses kerja sudah harus berjalan,” tuturnya.

Baca: 3T Dinilai Penting Putus Penyebaran Covid-19

Dirinya menghimbau, para pedagang yang hingga saat ini belum meninggal lokasi pasar Mardika, terkhususnya pada lokasi-lokasi terdampak revitalisasi, agar segera mengosongkan tempat tersebut.

“Dihimbau sebelum pekerjaan itu berlangsung, itu segera sudah harus bersih. Karena mereka (pedagang) cuma dengan payung-payung saja kan. Jadi kami minta untuk tidak ada yang membangun kios lagi,” pesannya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda-Litbang Kota Ambon, Enricho Matitaputty menyebutkan, di akhir Juli hingga awal Agustus 2021, Pasar Mardika sudah masuk dalam proses revitalisasi. (IAN)

Baca juga:
76 Indomaret Diijinkan Beroperasi di Ambon

Comment