by

Terkait Kuliah Tatap Muka, IAIN Tunggu Keputusan Kemenag

Ambon, BKA- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon masih menunggu keputusan Kementerian Agama (Kemenag) RI, terkait pola perkualiahan pada 2021 mendatang. Apakah akan dilaksanakan secara tatap muka atau masih tetap dilakukan secara Daring.

Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, mengungkapkan, sepanjang belum ada putusan Kemenag terkait hal itu, maka perkuliahan di kampus hijau tersebut masih tetap dilakukan secara Daring atau onlinen pada 2021 mendatang, untuk mendukung upaya pemerintah meminimalisir penyebaran virus corona.


“Belum ada keputusan dari Kemenag, apakah belajar Daring tetap dilanjutkan ataukah akan dilaksanakan dengan standar normal baru. Sehingga untuk tahun akademik semester ganjil tahun 2021, kita tetap dengan perkuliahan online,” terang Rahawarin.

Selain belum ada intruksi Kemenang, lanjutnya, Kota Ambon sendiri masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sehingga belum mengeluarkan keputusan apapun terkait proses belajar mengajar maupun perkulihan di tahun 2021 mendatang.

“Jadi selain keputusan Kemenang, kita juga masih menunggu kebijakan pemerintah daerah, khusus Kota Ambon. Karena masih dalam masa PSBB. Karena itu, untuk sementara kita tetap jalan dengan proses perkulihan secara Daring saja dulu, sambil menunggu kebijakan,” lanjutnya.

Jika Kemenag maupun Pemkot Ambon telah mengeluarkan keputusan, maka IAIN Ambon akan siap menindaklanjuti kebijakan tersebut. Termasuk kebijakan mengenai proses perkuliahan dengan penerapan standar normal baru.

“Memang kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas kita bersama. Namun tidak menyampingkan standar mutu dan kualitas pendidikan tingkat perguruan tinggi, termasuk di IAIN Ambon. Maka kita akan lakukan proses perkulihan tatap muka, jika itu sudah diperintahkan. Intinya, kita akan tetap sesuiakan dengan keputusan pemerintah. Tapi untuk sementara, kita akan tetap dengan kuliah Daring,” tutup Rahawarin. (LAM)

Comment