by

Terkendala Biaya, Distribusi Vaksin Nyaris Terbengkalai

beritakotaambon.com – Pasca melonjaknya kasus Covid -19 di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), pemerintah kabupaten terus mengupayakan langkah pencegahan, salah satunya pelaksanaan vaksinasi. Namun pendistribusian vaksin yang harus disesuaikan dengan moda transportasi, nyaris tidak berjalan mulus.

Upaya pelaksanaan vaksin di Kabupaten MBD terbilang cukup baik, kendati jumlah stok vaksin yang diterima tidak mencukupi untuk melalukan vaksin serentak di seluruh wilayah MBD. Bahkan untuk pendistribusian vaksin pun harus disesuaikan dengan moda transportasi laut yang beroperasi di MBD.

Naasnya, di tengah pendistribusian vaksin ke wilayah kecamatan, tidak hanya terkendala jadwal pelayaran kapal yang belum optimal. Namun angkutan darat untuk mensuplai vaksin ke pusat-pusat penyimpanan vaksin pada masing-masing kecamatan pun tidak memadai.

Data yang diterima media ini, Jumat (20/8) Kepala Puskesmas Letwurung, MBD, Magdalena Akse mengaku, pendistribusian vaksin langsung ke kecamatan Babar Timur (Batim) pada 18 Agustus 2021 lalu, tidak dapat dilakukan.

Dimana kapal yang membawa vaksin hanya sebatas Desa Tepa. Dan untuk untuk membawa vaksin ke Babar Timur harus menyewa angkutan darat, namun pihak puskesmas setempat tidak memiliki biaya untuk pendistribusian vaksin tersebut.

Baca juga: Jalan Mako-Kaiely Berlubang, LIRA Minta Kejati Periksa Tiong

“Setelah mendengar informasi tersebut, saya kemudian menghubungi Kapolsek Babar Timur untuk meminta bantuan,” ungkap Magdalena.

Dikatakan, setelah mendengar keluhannya, Kapolsek Babar Timur, IPDA Ever Keywury kemudian berkoordinasi dengan camat setempat. Dan akhirnya biaya penjemputan vaksin pun ditanggung bersama. Yakni oleh Pihak puskesmas, camat dan Polsek Babar Timur.

“Vaksin vaksin kemudian dijemput di Pelabuhan Tepa dari KM Pangrango sekitar pukul 09.30 WIT. Jumlah vaksin yang diterima sebanyak 24 Vial dan kemudian dibawa ke Babar Timur dan disimpan di puskesmas Letwurung,” pungkasnya. (GEM)

Comment