by

Tetap Mendidik Karakter Anak

Ambon, BKA- Meskipun telah memasuki libur semester, namun diharapkan orangtua terus meningkatkan pengawasan terhadap siswa.

Pengawasan itu itu dilakukan bukan dalam rangka pendampingan belajar, namun lebih diarahkan pada pendampingan pembentuka karakter siswa.

Guru SD Inpres 28 Nania, Rosni Salim, mengatakan, meskipun saat ini, proses belajar mengajar sementara tidak berjalan lantaran pergantian semester. Namun pendidikan karakter, akan tetap dijalankan oleh guru maupun orangtua di rumah.

“Artinya, bukan pendidikan secara teori yang diharapkan berjalan selama waktu libur ini, tapi lewat pengawasan dan pendampingan terhadap aktivitas anak di rumah. Bahwa waktu libur itu bukan berarti tidak belajar, lalu bermain terus menerus. Tapi diharapkan, dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan rumah yang dapat meningkatkan ketrampilan anak. Sebab rata-rata, anak yang punya kerampilan itu karakternya baik. Dan itu yang diharapkan kepada orangtua, untuk terus menjaga anak-anak selama waktu libur. Jangan sampai, anak dibiarkan bermain tanpa belajar,” ucap Salim, Minggu (20/12)

Hal tersebut menurutnya, sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, sejak pembelajaran jarak jauh (PJJ) diterapkan hingga saat ini, guru terbatas dalam mendidik dan membina siswa.

“Guru terbatas dalam mendidik serta membina karakter anak, lantaran proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh. Hasilnya, karakter anak-anak pun diragukan. Hal itu terjadi, karena memang selama ini pendidikan dan pembinaan itu lebih banyak berharap kepada guru. Dengan kondisi ini, kalau orangtua terus berharap guru, maka karakter anak sulit dibentuk. Untuk itu, diharapkan, meskipun tidak belajar, pendidikan karakter di rumah itu harus tetap jalan,” pintanya.

Dengan kerjasama dan dukungan orangtua, katanya, dapat menjamin karakter anak tetap bertumbuh ditengah pandemi ini. Sehingga dia meminta orangtua selalu mendampingi dan mengawasi aktivitas anak-anak selama waktu libur.

“Kita berdoa, semoga anak-anak tetap sehat hingga kita masuk libur di tahun 2021. Dengan harapan, pandemi ini sudah berakhir, supaya kita belajar tatap muka,”harap Salim.(LAM)

Comment