by

THR Karyawan Dianggap Terbayar

Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1442 bagi seluruh karyawan swasta di kota Ambon, dianggap telah dibayarkan para perusahaan. Pasalnya, belum ada laporan pengaduan THR dari karyawan kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon.

“Sampai mereka (karyawan) libur lebaran Idul Fitri kemarin, itu belum ada laporan yang masuk ke kami,” ungkap Kepala (Disnaker) Kota Ambon, Stiven Bernhard Patty, saat dihubungi wartawan, Sabtu (15/5).

Dia mengaku, pihaknya sudah membangun posko pengaduan di Kantor Disnaker yang berlokasi di kawasan Desa Passo, Kecamatan Baguala. Posko tersebut diperuntukkan bagi para karyawan yang tidak mendapatkan THR Idul Fitri dari perusahaan tempat mereka bekerja. “Posko sudah buka, tapi laporan pengaduan THR, sampai saat ini belum ada laporan pengaduan,” bebernya.

Stiven menilai, THR bagi pegawai beragama muslim di Ambon telah terbayar. “Semua ini, dampaknya dari kami. Kita selalu sosialisasi ke seluruh perusahan untuk dapat membayarkan THR pegawai. Karena itu sudah diintruksikan Pemerintah Pusat,” sebut dia.

Menurutnya, posko pengaduan dimaksud belum dapat dibongkar. Karena pihaknya masih menunggu laporan karyawan swasta yang beragama muslim hingga masuk libur Idul Fitri 1442. Jika tidak ada, maka posko tersebut akan ditutup.

“Jadi sampai sekarang belum. Tetapi tetap kita masih buka posko terus. Kita jaga jangan sampai sudah abis lebaran ini ada yang mau kasih masuk pengaduan. Kalau ada tetap kita akan tindak lanjuti masalah itu. Semua inikan untuk kebaikan bersama,” ucapnya.

Stiven juga mengaku, belum mengetahui alasan tidak adanya laporan pengaduan THR hingga saat ini. Sehingga dirinya menganggap seluruh perusahaan telah menjalankan tanggung jawabnya untuk membayar THR karyawan sesuai amanat undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang Tenaga Kerja.

“Tidak ada pengaduan. Jadi sampai saat ini memang belum ada pengaduan dari pekerja. Itu disebabkan mungkin ada sebagian besar perusahan sudah melaksanakan kewajibannya atau juga mungkin ada kesepakatan-kesepakatan yang di bangun oleh perusahan dengan karyawan,” pungkasnya. (IAN)

Comment