by

Tidak Ada Penyegaran Birokrasi, Pjs Bupati: Jangan Diplintir

 

Ambon, BKA- Baru beberapa hari menjalankan tugaa sebagai Pjs Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Hadi Sulaiman, sudah diterpa isu tidak sedap, yang dapat merenggangkan hubungan antar ASN dilingkup pemerintahannya.

Dia diisukan akan melakukan rolling jabatan sebagai upaya penyegaran struktur pemerintahan di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT.

Langsung saja dia menepis isu tersebut, sebagai bentuk informasi yang tidak benar. “Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada penyegaran birokrasi. Informasi itu tidak benar. Jangan diplintir,” kata Hadi, kepada wartawan di depan Kantor Bupati SBT, Sabtu (30/9).

Sebagai penjabat sementara, lanjut Hadi, dia hanya menjalankan tugas sebagaimana yang diembankan Keputusan Mentri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.81-3007 tahun 2020, yakni, memastikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Saya, Sekda, Asisten, dan DPRD, bertugas memastikan pemerintahan dan pembangunan tetap jalan. Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada penyegaran. Penyegaran itu apa?” kata Hadi, yang juga Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku itu.

Penyegaran birokasi itu tidak ada, apalagi sampai pada proses perombakan. “Yang ada, misalnya, ada kebutuhan kekosongan, itupun saya konsultasi dengan dengan gubernur, dan itu pun harus ada persetujuan Menteri Dalam Negeri dulu,” terangnya.

Yang penting, lanjutnya, roda pemerintahan di Pemkab SBT saat ini harus berjalan dengan baik dan sesuai birokrasi yang sudah ada. “Sangat tidak benar kalau ada penyegaran birokrasi,” tegasnya.

Selain itu, menurut Hadi, penyelenggaraan manajemen kepegawaian harus menjaga netralitas ASN di Pilkada. Sebab itu adalah tugas konstitusional.

Soal kinerja ASN lingkup Pemkab SBT, pada apel akbar yang digelar Selasa (29/9), sudah ditegaskan agar semuanya harus bekerja dengan baik dan benar. “ASN itu bekerja, tidak boleh ada yang mandek, dan tidak boleh libur. Jangan anggap bekerja dari rumah itu sama dengan libur,” ucapnya.

Untuk itu, Hadi kembali menegaskan agar jangan bermain diksi yang bukan-bukan, apalagi diplintir untuk kepentingan kelompok tertentu.

“Jadi saya ini, tugasnya memastikan penyelenggaraan pemerintahan dan memastikan Pilkada berjalan dengan lancar, serta penegakan protokoler kesehatan Covid-19. Selesai,” tutupnya. (BKA-2)

Comment