by

Tidak Kantongi Kartu Vaksin, Anggota TKBM Dilarang Aktivitas

AMBON-BKA, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon, akan memberlakukan larangan aktivitas atau operasi bagi anggota Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang tidak mengantongi kartu vaksin Covid-19.

Peraturan itu dibuat Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon, untuk memutus rantai penularan Covid-19 di kawasan di Pelabuhan Yos Sudarso-Ambon.

Peraturan itu akan diterapkan setelah semua anggota TKBM yang berjumlah sekitar 800 orang, telah melakukan vaksin Covid-19.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) KSOP Kelas I Ambon, Abdi Sabda, mengatakan, akan melakukan pemberlakun kartu vaksin bagi setiap anggota TKBM yang melakukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Yos Sudarso-Ambon.

Jika batas waktu yang ditentukan, lanjutnya, terdapat anggota TKBM yang tidak memiliki kartu vaksin, maka TKBM tersebut tidak diperkenakan masuk di areal pelabuhan untuk melakukan kegiatan.

“Rekan-rekan kita (TKBM) diharapkan mengikuti semua untuk divaksin. Kalau tidak divaksin, inikan merugikan yang sudah divaksin. Jadi kita harapkan kesedaran mereka untuk divaksin. Apabila memang nanti kita capai persentase yang tidak mencapai 100 persen, maka kemungkinan yang tidak divaksin, kita akan hindarkan dulu atau disuruh vaksin dulu sebelum mereka bekerja. Tapi kita harapkan, kalau bisa semuanya 100 persen sudah divaksin dari jumlah kurang lebih 800 anggota TKBM,” jelas Abdi Sabda, Sabtu (14/8).

Sementara dari program vaksinasi masal yang dilakukan KSOP dengan sejumlah perusahan pelayaran, ungkapnya, yang tercatat mengikuti vaksinasi itu baru sekitar 200 orang.

“Selain anggota TKBM, juga terdapat masyarakat lingkungan pelabuhan yang diundang untuk melakukan vaksinasi,” pungkasnya.(RHM)

Comment