by

Tidak Terdata di Dapodik, Guru Honor Tak Bisa Ikut PPPK

Ambon, BKA- Guru honor yang tidak terdata pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah, maka tidak bisa mendaftar pada seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Hal iu diungkap Kepala SD Negeri 67 Ambon, D. Iwamony.

Menurutnya, untuk proses seleksi PPPK, setiap guru honor harus terdaftar pada Dapodik sekolah. Sebab saat dia mendaftarkan guru honor pada sekolah yang dipimpinnya, dia mengalami kendala. Berkas guru honor yang belum terdaftar pada Dapodik sekolah, ditolak oleh sistem.

“Berkas semua guru honor kan kita kirim lewat Dapodik. Pada saat kita kirim, tidak semua terkirim. Setelah kita kroscek, yang ditolak adalah guru honor yang belum terdaftar di Dapodik. Jadi ada penolakan berkas saat dikasih masuk, belum bisa diterima. Mungkin sistem merekam data, sehingga hanya menerima yang sudah terdaftar di Dapodik saja,” ungkap Iwamony, Selasa (8/12).

Dia mengaku, sejak adanya pengumuman seleksi PPPK, belum mendapatkan informasi dari pihak Dinas Pendidikan Kota Ambon. Akibatnya, dia tidak mengetahui persyaratan terkait pendaftaran seleksi PPPK.

Kendati demikian, pihaknya telah berupaya untuk mendaftarkan semua guru honor yang sudah terdaftar pada Dapodik sekolah. Sehingga saat ini, dia tinggal menunggu pengumuman selanjutnya di tahun 2021 mendatang.

“Kita sudah daftar, jadi tinggal tunggu informasi selanjutnya. Untuk yang belum terdaftar di Dapodik sekolah, kita akan upayakan untuk daftarkan mereka. Mudah-mudahan berjalan lancar,” harapnya. (LAM)

Comment