by

Tiga Koperasi dan UKM Dapat Bantuan Modal Usaha

Ambon, BKA- Tiga Koperasi dan tiga Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Buru akan mendapat bantuan modal usaha dari Pemerintah Provinsi Maluku, yang rencana penyalurannya pada akhir tahun 2020.

“Jadi kita mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah provinsi untuk tiga UKM dan tiga koperasi yang akan disalurkan dalam waktu dekat ini,” ungkap Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Drs. Abubakar Mony Kabupaten Buru, Selasa (24/11).

Tiga UKM yang mendapat bantuan modal usaha tahun ini, yakni, UKM Gunung Biru dan UKM Lestari yang berada di Unit 10, serta UKM Rahmat Wijaya Motor di Kecamatan Namlea.

Sedangkan tiga koperasi yang mendapat bantuan serupa, yakni, Koperasi TKBM Pelabuhan Namlea di Kecamatan Namlea, serta KSP Citra Mandiri dan Kupon Dewi Sri di Kecamatan Waepo.

Bantuan modal usaha ini bersumber dari anggaran Unit Pelaksana Teknis
Daerah Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UPTD PDB-KUMKM) Daerah, yang disalurkan ke 11 kabupaten kota di Provinsi Maluku. Namun jumlah penerima bantuan itu berbeda di setiap daerah.

Terkait besar bantuan yang akan diberikan, kata Mony, belum bisa disebutkan. Karena pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku.

“Iya, ini penambahan modal usaha. Jadi setiap tahun, kami bisa mendapat bantuan itu. Jumlahnya bervariasi, beda-beda. Karena disesuaikan dengan jenis usaha. Jadi sebelum mereka kasih nilai atau jumlah bantuan, mereka tinjauan lokasi terlebih dahulu. Jadi kami lagi menunggu informasi dari provinsi, berapa bantuan yang akan disalurkan nanti,” pungkasnya.(MSR)

Comment