by

Tiga Prioritas Pembangunan Desa Waekasar

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Waekasar, Kecamatan Waeapo, menetapkan tiga program prioritas pembangunan di desa tersebut pada 2021.

Tiga program prioritas pembangunan Desa Waekasa, yakni, pembagian BLT, pembangunan jalan dan draenase, serta pemberdayaan UKM.


Penjabat Kepala Desa (Kades) Waekasar, Imam Kusaeni, mengatakan, ketiga program prioritas itu ditetapkan pada pelaksanaan Musrembangdes, yang digelar pekan lalu, guna disesuaikan dengan pagu anggaran yang tersedia, serta disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan.

“Untuk tahun 2021 ini, yang jelas utamanya itu masalah BLT, terus pemberdayaan untuk pedagang kaki lima, dan penimbunan jalan sekaligus drainase jalan,” kata Imam, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (16/2).

Untuk program BLT, jelasnya, itu disesuaikan dengan Permendes Nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa, yang menegaskan BLT akan diberlakukan selama setahun.


Sedangkan dua program lainnya, yakni, pembangunan jalan dan draenase, serta pemberdayaan UKM, dibuat berdasarkan kebutuhan pembangunan desa.

“Yang jelas, yang utamanya kan BLT. Itu sesuai dengan Permendes Nomor 13 tahun 2020. Tapi ada juga prioritas lainnya seperti pembangunan infrastruktur ruas jalan, kan itu menjadi prioritas kami di Desa Waekasar,” ungkapnya.

Khusus untuk dua program pembangunan fisik dan pemberdayaan, katanya, merupakan program lanjutan tahun anggaran 2020 lalu, yang sempat tertunda akibat adanya pandemi Covid-19.

“Kalau di pembangunan, yang jelas kami melanjutkan pembangunan yang kemarin sempat tertunda di tahap pertama untuk penanganan Covid, yaitu, pembangunan talut jalan dengan timbunan jalan, terus ada untuk pembuatan drainase. Sedangkan untuk pemberdayaan, itu direncanakan pembuatan lapak pedagang kaki lima,” pungkas Imam.(MG-1).

Comment