by

Tiga Program Prioritas Desa Safana Jaya

Ambon, BKA- Program Desa (Progdes) Safana Jaya, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, tahun 2020, lebih diprioritaskan pada Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dan program pembangunan fisik, ditambah dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

Pejabat Kepala Desa (Kades) Safana Jaya, Sukirman mengatakan, selain program Bantuan Langsung Tunai (BLT), ada juga program unggulan yang menjadi prioritas Desa Safana Jaya, yaitu, pembangunan fisik dan pemberdayaan kelompok nelayan serta Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Untuk program tahun 2020, sesuai instruksi, kami lebih prioritaskan pada BLT yang anggarannya dari dana desa. Ini berjalan sesuai dengan regulasi atau aturan yang berlaku. Karena aturan sudah mengatakan, bahwa yang menjadi prioritas di tahun ini adalah alokasi anggaran lebih pada BLT, maka kita prioritaskan itu,” kata Sukirman, kepada Beritakota Ambon, Selasa (22/12).

Dengan kondisi sekarang ini, dimana Indonesia masih terus melawan pandemi Covid-19, maka anggaran untuk kegiatan pembangunan nasional berbentuk fisik, sebagian besar terpaksa harus ditunda. Dialihkan ke bantuan sosial.

Khusus di Desa Safana Jaya, jumlah penerimaan BLT DD sebanyak 128 Kepala keluarga, mulai dari awal penerimaan sampai Desember 2020. Penyalurannya berjalan sesuai dengan instruksi dan aturan yang ada.

Sedangkan untuk program pemberdayaan masyarakat, katanya, dilakukan dengan cara memanfaatkan Padat Karya Tunai (PKT), yang sasarannya adalah masyarakat miskin dan pengangguran. Karena itu juga merupakan salah satu bagian dari program peningkatan ekonomi masyarakat, sesuai dengan arahan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buru.

Pada program itu, Pemerintah Desa Safana Jaya membuat pelatihan-pelatihan dan memberikan bantuan pada kelompok nelayan, berupa alat tangkap.

Selain kelompok nelayan, ada juga pelatihan dan bantuan yang diberikan kepada kelompok UKM yang dibentuk untuk memajukan ekonomi masyarakat setempat.

“Untuk program tahun 2020 ini, kami juga punya program pemberdayaan yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Safana Jaya. Yaitu, kita membentuk kelompok nelayan yang sekarang ada dua kelompok, sudah terbentuk. Masing-masing kelompok memiliki 10 anggota. Jadi kalau dua kelompok nelayan, maka jumlah anggotanya ada 20 anggota. Selain itu kami juga memberikan bantuan alat tangkap seperti bodi, ketinting, dan jaring atau pukat. Jadi satu paket,” pungkasnya. (MSR)

Comment