by

Tiga Terdakwa Korupsi Lahan Dermaga Tawiri Disidang

AMBON-BKA, Tiga dari empat terdakwa yang dijerat dalam kasus dugaan korupsi anggaran pembebasan lahan untuk pembangunan Dermaga dan Sarana/Prasarana Lantamal IX Ambon, resmi menjalani persidangan perdana di pengadilan Tipikor Ambon, Jumat (30/7).

Tiga terdakwa yang diadili yakni, Jacob Nicolas Tuhuleruw, Joseph Tuhuleruw dan Jerry Tuhuleruw.

Baca: Kajari MBD Kantongi Tersangka Proyek Pabrik Es

Ketiga terdakwa ini diadili Ketua Majelis Hakim, Andi Adha, yang dibantu dua hakim anggota lainnya. Sidang dibuka dengan mendengarkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum Kejati Maluku, Ahcmad Attamimi.

JPU dalam berkas dakwaannya menyebutkan, tindak pidana yang dilakukan para terdakwa terjadi pada tahun 2015 lalu. Awalnya, lahan Dermaga Tawiri dibeli dari BPJN untuk keperluan pembangunan dermaga dan sarana/prasarana Lantamal IX Ambon. Saat itu negara membeli lahan tersebut yang nyatanya milik Negeri Tawiri dengan nilai Rp.3,8 miliar lebih.

Karena tidak mau serahkan uang ke Kas Negeri Tawiri, terdakwa Jacob Nicolas Tuhuleruw selaku Raja Negeri Tawiri membuat surat pelepasan hak, dengan disaksikan kedua terdakwa lainnya untuk kepentingan proses pencairan dana.

Ketika dananya cair, ketiga terdakwa menggunakannya untuk kepentingan pribadi.

Baca: DPRD Maluku Pastikan Hak Nakes Terbayar

Ketiga terdakwa diancam melanggar pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 ayat (1), (2) dan ayat (3) UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan UU nomor 31 tahun 1999 tentang tipilor jo pasal 55 ayat (1) kw-1 KUHPidana.

Usai mendengarkan dakwaan jaksa, hakim menunda sidang hingga 6 Agustus 2021, dengan agenda tanggapan atau eksepsi dakwaan jaksa oleh kuasa hukum terdakwa.(SAD)

Comment