by

Tihu Dorong Pengembangan Usaha Warga

Guna meningkatkan perekonomian masyarakat, Kelurahan Tihu, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, dorong pengembangan usaha warga lewat program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala Lurah Titu, Noer A. La Saleman menyebutkan, di tahun 2020 dan 2021 banyak persoalan yang terjadi, sehingga perekonomian masyarakat sangat menurun. Mulai dari bencana alam hingga pandemi Covid-19.

Dua hal tersebut, kata dia, membuat mata pencaharian masyarakat menjadi lemah. Sehingga Pemerintah Kelurahan Tihu mendorong pengembangan UMKM sebagai roda ekonomi warga, yang dapat mendongkrak pemulihan ekonomi masyarakat secara perlahan.

“Pemberdayaan UMKM ini menjadi prioritas pemulihan ekonomi di Kelurahan. Yang pertama, UMKM ini secara perlahan mampu meningkatkan ekononi warga. Lewat bantuan baik peralatan usaha maupun bahan usaha,” tutur Noer, kepada koran ini, Sabtu (15/5)
Lewat pemberdayaan UMKM, ucapnya, dapat membantu masyarakat yang kehilangan penghasilan karena usahanya terdampak Covid-19.

Dan saat ini, pihak kelurahan tengah mendorong pengembangan UMKM lewat program pemulihan ekonomi dari Pemerintah Pusat.
“Anggaran kelurahan 2021 akan di gunakan untuk pemulihan ekonomi lewat UMKM. Kita akan berikan bantuan bagi warga sesuai dengan profesi usaha mereka. Kita akan bentuk itu dalam kelompok. Kemudian akan kita berikan bantuan dan akan di pantau perkembangan usahanya,” terangnya
Ia berharap, lewat UMKM nanti, ekonomi warga bisa perlahan tumbuh kembali. Sehingga secara perlahan juga dapat mengatasi masalah kemiskinan.

“Hal ini yang menjadi prioritas kita sekarang. Menghidupkan kembali ekonomi warga yang merosot. Dan semoga hal ini berhasil kita lakukan bagi warga,” pungkasnya. (BKA-2).

Comment