by

Tihu Lakukan Kesiapsiagaan Tanggap Bencana

Ambon, BKA- Melihat dalam 2 tahun berurutan terjadi bencana, baik alam maupun non alam, yakni gempa bumi di tahun 2019, dan pandemi Covid-19 di tahun 2020 membuat Kelurahan Tihu, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, lakukan kegiatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi masalah bencana, baik alam maupun non alam agar tidak panik.

Kegiatan di hadiri oleh seluruh perangkat RT/RW yang ada di Kelurahan Tihu

Novriel Yususf Kepala Lurah Tihu dalam pemaparannya menjelaskan terkait hal-hal penting yang harus dilakukan masyarakat saat terjadinya bencana alam maupun non alam

“Jika bencana tersebut merupakan bencana alam, banjir, longsor, gempa bumi, tsunami. Hal yang harus dilakukan ialah: 1. Rencana antisipasi bencana, catat nomor telepon penting, dan bentuk WA grup warga. 2. Siapkan perbekalan untuk tiga hari (Tas Siaga Bencana).
3. Amankan dokumen penting dan barang berharga. 4. Bentuk komunitas tangguh bencana untuk kerja bakti. Tentukan jalur evakuasi, tempat pengungsian, dan siskamling. 5. Laporkan ke Kelurahan/Kecamatan/Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), jika ada kerusakan atau tanggul bocor.

Jika bencana tersebut merupakan bencana non alam seperti wabah penyakit yang kita hadapi di tahun 2020 ini (Pandemi Covid-19). Hal yang harus kita lakukan ialah, mengikuti anjuran yang sudah ditetapkan pemerintah,” terangnya

Ia juga mengatakan, masyarakat harus selalu waspada terhadap setiap peristiwa bencan yang terjadi.

“Bencana adalah urusan bersama dan merupakan peristiwa yang berulang. Potensi bencana besar pasti akan terjadi, namun kita tidak pernah tahu kapan waktu akan terjadinya,” (MG-2)

Comment