by

Tihu Tingkatkan Penguatan Kapasitas RT/RW

Ambon, BKA- Dalam rangka meningkatkan kapasitas kinerja kelembagaan RT/RW, Kelurahan Tihu, Kecamatan Teluk Ambkn, Kota Ambon, lakukan kegiatan penguatan kapasitas kelembagaan RT/RW. Kegiatan tersebut berlangsung di kantor Lurah Tihu. Di hadiri oleh 15 RT dan 6 RW.

Novriel Yusuf Kepala Lurah Tihu mengatakan, kegiatan penguatan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam hal ini RT/RW di Kelurahan Tihu, kagiatan ini merupakan kegiatan rutin yg dilakukan agar RT/RW dapat merefresh kembali tupoksi mereka dan hal-hal yg perlu di ketahui oleh RT/RW.

“Sesuai dengan Perda no 6 tahun 2018 pasal 2,3,4 yang menjelaskan terkait tugas, fungsi, dan kewajiban sebagai perangkat RT/RW. Pasal 2 menjelaskan tentang,
tugas RT dan RW adalah membantu Lurah/Kepala Desa/Kepala Pemerintahan.Negeri dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan. Pasal 3RT dan RW dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, berfungsi:
1.mendata kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintahan lainnya 2.memelihara keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antarwarga; 3.membuat gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadayamurnimasyarakat; dan sebagai penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya.

Pasal 4RTdanRW sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, berkewajiban: a.memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta mepertahankan dan memelihara keutuhan Negara KesatuanRepublik Indonesia; b.menjalin hubungan kemitraan dengan berbagai pihakyang terkait; c.mentaati peraturan perundang-undangan;
d.menjaga etika dan norma dalam kehidupan bermasyarakat; e.membantu Lurah/Kepala Desa/Kepala Pemerintahan Negeri dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut perangkat RT serta RW sangat antusias dalam menerima segala materi yang di paparkan. Mulai dari bagaimana RT/RW bisa menjalankan tugas dan fungsi mereka bagi masyarakat, sampai kepada bagaimana RT/RW bisa menjadi penyambung tangan bagi warga ke Kelurahan.

Novriel berharap dengan adanya kegiatan tersebut, perangkat RT/RW bisa lebih baik lagi menjalankan tugas mereka dalam membantu pihak kelurahan maupun masyarakat.

“Semoga kegiatan yang kita lakukan ini bisa menjadi patokan penting bagi RT/RW dalam menjalankan tugas mereka membantu pihak kelurahan maupun masyarakat,” tutupnya (MG-2)

Comment