by

Tim Gustu Tertibkan Pedagang Mardika

Ambon, BKA- Sembari melakukan Operasi Yustisi, Tim Gugus Tugas (Gustu) Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Ambon turut menertibkan para pedagang Mardika, Kamis (5/11). Sebab ratusan pedagang yang menolak direlokasi itu, masih tetap ini berjualan di badan jalan dan membuat kemacetan.

Koordinator Fasilitas Umum Gustu Covid-19 Kota Ambon, Ricard Luhukay mengatakan, tim Gustu Covid-19 yang melakukan penertiban pedagang, turut melibatkan TNI-Polri selaku mitra pemerintah. Sehingga tidak terjadi perlawanan saat penertiban pedagang.

“Kami (tim Gustu) telah tindak lanjuti, sehingga kami telah merapihkan fungsi-fungsi ruas jalan yang ada disitu untuk dipergunakan sebagai mana mestinya,” kata Luhukay, kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (5/11).

Dia mengungkap, pihaknya tidak bisa berlebihan melakukan penertiban, karena ada dinas terkait yang akan bertanggungjawab untuk selalu berikan penertiban kepada pedagang yang keras kepala.

“Setelah berikan penertiban. Fungsi itu kita kembalikan kepada dinas terkait. Dalam hal ini Disperindag dan Satpol-PP yang turut membeck-up untuk mengamankan lokasi pasar itu,” sebutnya.

Disinggung soal kepatuhan masyarakat tentang protokol kesehatan di pasar tersebut, dia mengaku pihaknya menemukan kelonggaran.

“Pantauan kami tentunya protokol kesehatan, itu pasti akan longgar. Karena para pedagang tidak secara penuh menggunakan masker. Karena mereka disitu padat sekali,” tandas dia.

Dia berharap, agar masyarakat yang sedang beraktifitas dalam Kota Ambon, agar tetap memperhatikan protokol kesehatan. Karena dengan begitu, dapat menekan tingkat penyebaran Covid-19. (BKA-1)

Comment