by

Timnas Wanita Indonesia Lolos ke AFC Women’s Asian Cup India 2022

beritakotaambon.com – Timnas wanita Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2022 usai mengalahkan Singapura 1-0 pada laga kedua babak kualifikasi Grup C, Senin (27/9).

Pasukan Garuda Pertiwi tampil gemilang di Stadion Replubican Central, Dushanbe, Tajikistan. Pada babak pertama, Indonesia memiliki sejumlah peluang emas dan sukses mencetak gol pada menit ke-31.

Adalah Octavianti Dwi Nurmalita yang jadi pemecah kebuntuan. Gol Octavianti tercipta usai memanfaatkan kemelut di depan gawang Singapura.

Indonesia sebenarnya punya kesempatan mencetak gol di menit kedelapan dan ke-18 melalui Baiq Amiatun Shalihah. Namun, peluang yang dimiliki Baiq masih bisa digagalkan kiper Singapura Kusumawati.

Singapura mencoba untuk membalas namun serangan yang dibangun masih bisa dipatahkan pertahanan solid Indonesia. Skor 1-0 untuk keunggulan tim Merah Putih bertahan hingga jeda laga.

Di babak kedua, Singapura mencoba untuk melakukan tekanan namun kegigihan skuad arahan Rudy Eka Priyambada mampu meredam serangan tim lawan.

Indonesia memiliki peluang terbaik di menit ke-80 lewat sontekan Nurhayati di depan gawang. Sayang, bola masih melenceng tipis di sisi kiri gawang.

Pasukan Garuda Pertiwi memiliki sederet peluang di menit-menit akhir namun gagal dikonversi jadi gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga laga usai.

Singapura menjadi satu-satunya lawan timnas putri Indonesia di ajang ini menyusul pengunduran diri Korea Utara dan Irak. Sebelumnya, Indonesia juga meraih kemenangan atas Singapura di laga pertama Grup C.

Dengan demikian, Indonesia berhak menduduki puncak klasemen dengan nilai enam poin dan melaju ke putaran final Piala Asia Wanita 2022 yang akan digelar di India.

Susunan Pemain:
Timnas Wanita Indonesia XI: Fani; Safira Ika Putri, Vivi Oktavia, Ade Mustika Oktafiani, Tia Darti Septiawati, Helsya Maeisyaroh, Viny Silfianus, Rani Mulyasari, Baiq Amiatun Shalihah, Octavianti Dwi Nurmalita, Zahra Musdalifah.
Timnas Wanita Singapura XI: Kusumawati; Syazwani, Nurhidayu, Fatin, Farhanah, Danelle, Raudhah, Ernie, Lila, Dorcas, Venetia. (INT)

Comment