by

Tingkatkan Ekonomi Digital Dimasa Pandemi Covid-19

Ambon, BKA- Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBIS), Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, melaksanakan webinar internasional terkait peluang dan tantangan pengembangan ekonomi digital diera pandemi Covid-19, khusus wilayah kepulauan seperti Maluku.

Webinar internasional ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan terkait inovasi dan transformasi ekonomi digital. Serta langkah-langkah yang harus dilakukan pemerintah, pengusaha, perguruan tinggi dan masyarakat secara keseluruhan.

Selain itu, webinar dimaksud juga menjadi ruang membahas bagaimana merumuskan keputusan strategis bisnis yang tepat di era ekonomi digital pada masa pandemi Covid-19. Mengkaji optimalisasi dukungan kebijakan makro ekonomi, sektor keuangan, serta aspek hukum regulasi terhadap perkembangan ekonomi digital. Selanjutnya memberikan masukan terkait langkah-langkah yang dapat diambil pemerintah, pengusaha, perguruan tinggi dan masyarakat dalam menghadapi era ekonomi digital.

Webinar ini dihadiri para dosen, mahasiswa, peneliti, pemerintah, LSM dan sektor usaha. Bersama Prof. Suahasil Nazara, Ph.D (Wamenkeu RI) sebagai Keynote Speaker tentang kebijakan ekonomi dan keuangan negara dalam mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Turut hadir Pembicara 1, YM. Djauhari Oratmangun selaku Duta BEsar LBBP RI untuk RRT Merangkap Mongolia, tentang Strategi Penetrasi Global untuk produk-produk kepulauan di era ekonomi digital.

Dekan FEBIS Unpatti. Dr. Erly Leiwakabessy, M.Si mengatakan, webinar internasional ini punya tema sentral terkait pengelolaan ekonomi di wilayah-wilayah kepulauan untuk memaksimalkan pengembangan, agar dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi serta pemerataan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
“Saya sendiri sebagai narasumber membawa materi seminar dengan topik potensi ekonomi dan pengembangannya diwilayah kepulauan terutama di Maluku. Ada beberapa narasumber lain seperti wakil menteri keuangan, serta narasumber dari Australia,” ungkap Leiwakabessy, kepada wartawan di sela-sela webinar, hotel Manise, Sabtu (21/11).

Dikatakan, untuk Febis Unpatti sendiri memiliki 3 jurusan dan telah melakukan webinar itnernasional. Seperti jurusan Ekonomi Pembangunan sudah pernah lakukan seminar internasional pada saat Pandemi Covid-19. Demikian juga jurusan Manajemen pada persiapan dies natalis ke 55, serta jurusan Akuntansi juga telah melakukan webinar internasional.

“Khusus Webinar internasional ini, melibatkan semua jurusan yang diketuai Dr. Djufri Rays Pattilouw bersama beberapa dosen dari berbagai jurusan. Sehingga webinar ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Saya harap, output dari Webinar internasional ini memberikan apresiasi, aksentuasi yang lebih tepat lagi kepada arah pengembangan ekonomi provinsi Maluku,” harapnya.

Ia menambahkan, para pembicara adalah para ekspertir, pakar di bidang masing-masing yang tidak bisa diragukan lagi kemampuan mereka. Dimana mereka memberikan ide-ide yang sangat brilian untuk pengembangan perekonomian, baik itu diwilayah Maluku sebagai daerah kepulauan maupun secara nasional.
“Ide-ide mereka, para pakar/ilmuan saya lihat luar biasa. Sebab mereka sudah taraf internasional. Bagaimana pikiran tentang pengembangan perekonomian yang sangat luar biasa. Bahkan dimateri juga disisipkan bagaimana mengembangkan perekonomian itu diera pandemi Covid-19 serta bagaimana menuju era new normal,” pungkasnya. (UPE)

Comment