by

Tingkatkan Minat Siswa Jadi Prajurit TNI-AD

Koramil 1511-05 Wonreli terus berupaya meningkatkan minat siswa, untuk menjadi prajurit Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Darat (TNI-AD). Upaya tersebut dilakukan dalam bentuk sosialisasi yang diselenggarakan pada sejumlah SMA/SMK di Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Senin (10/5).

Sosialisasi yang berlangsung di SMK Ina Hoiriwa, Dusun Yawuru, Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan tersebut dipimpin langsung oleh Danramil 05 Wonreli, Kapten Chb. William Jans Lerebulan.

Danramil mengungkapkan, menarik minat generasi bangsa untuk mengabdi sebagai prajurit, harus dibentuk sejak dini. Sehingga sosialisasi yang dilakukan itu digelar jelang pengumuman hasil kelulusan SMA maupun SMK tahun ajaran 2021/2022.

“Atas dukungan kepala sekolah dan para guru, maka sosialisasi ini sudah saya laksanakan dari beberapa hari yang lalu di semua sekolah, khususnya yang ada di Pulau Kisar. Hari ini terakhir disini,” tuturnya.
Dia berharap, setelah mendengar hasil ujian, para lulusan SMA/SMK tersebut dapat mengambil bagian atau mendaftar menjadi Prajurit TNI. Sehingga mereka mempersiapkan diri, yakni, belajar dan bina fisik sejak dini agar dapat memenuhi kreteria penilaian yang di tentukan oleh panetia seleksi di tingkat daerah maupun tingkat pusat nanti.
“Apalagi baru saja Kodim 1511/Pulau Moa terpisah dari Kodim 1507/Saumlaki, berarti kita sudah punya alokasi sendiri. Jadi kalau setiap penerimaan, sudah pasti banyak yang lulus, tetapi sudah tentu yang memenuhi persyaratan,” kata Danramil.
Selain itu, dia menegaskan, dalam proses pendaftaran hingga seleksi calon TNI- AD, semua dilaksanakan secara gratis. Tidak dipungut biaya.

“Pada penerimaan Tamtama maupun Bintara tahun lalu, pak KASAD sudah menyampaikan kepada semua orang tua lewat zoom, ketika dalam penerimaan TNI itu gratis. Tidak pakai uang. Jadi saya ingatkan para pejabat maupun anggota jajaran TNI-AD sampai satuan ke satuan tingkat paling bawah, jangan ada yang coba-coba tidak melaksanakan perintah itu. Saya selaku Danramil perlu sosialisasi hal ini di setiap sekolah yang ada di Pulau Kisar,” pungkasnya. (GEM)

Comment