by

Tingkatkan Produktivitas Masyarakat Melalui Kebun Toga

beritakotaambon.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Wanareja, Kecamatan Waeapo, merencanakan program pembuatan Kebun Toga di setiap RT, sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas masyarakat.

Program Kebun Toga tersebut akan melibatkan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Wanaraja, sebagai penggerak utama.

Program Kebun Toga merupakan upaya untuk memanfaatkan sebidang tanah, baik halaman atau pekarangan, sebagai lahan perkebunan tanaman berkhasiat obat, dalam upaya memenuhi kebutuhan obat keluarga.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Wanareja, Ahmad Ansori, mengatakan, pembuatan Kebun Toga sangat bermanfaat bagi peningkatan kesehatan masyarakat, serta memperindah lingkungan rumah, termasuk mengurangi pengeluaran kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

“Kebun Toga ini memiliki banyak manfaat. Bisa untuk meningkatkan kesehatan, menambah kelestarian untuk halaman rumah, maupun bisa juga mengurangi pengeluaran dalam kebutuhan rumah tangga. Intinya, banyak manfaat. Untuk itu, nanti kita libatkan TP PKK sebagai penggerak utama,” kata Ahmad Ansori, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (25/8).

Dia mengungkapkan, pembuatan Kebun Toga bukan sekedar menanam jenis tanaman obat-obatan saja, lalu dirawat dengan baik. Namun dengan program itu, masyarakat juga dapat mengetahui cara pengolahan tanaman obat.

“Intinya kan bagaimana masyarakat mampu mengolah hasil dari Kebun Toga itu, entah itu akan diolah menjadi jamu atau bisa menjadi minuman yang bisa bermanfaat menyegarkan tubuh,” pungkas Ahmad Ansori.(MG-1)

Comment