by

Tingkatkan SDM, Pemkot Gelar LK3

Ambin, BKA- Dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3), yang dibuka langsung Sekertaris Kota Ambon, A G Latuheru, di Marina Hotel, Senin (3/5).

Sambutan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy yang dibacakan Latuheru mengatakan, lewat kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kepada para perangkat desa. Sehingga SDM masyarakat lebih baik di hari-hari akan datang.

Dijelaskan, program tersebut merupakan bagian dari visi misi pemerintah. Sebab seiring dengan adanya berbagai perubahan dalam masyarakat menyebabkan permasalahan yang dihadapi oleh keluarga semakin kompleks.

“Seperti kemiskinan, keterlantaran anak, kekerasan dalam rumah tangga, tracking penyalahgunaan narkoba, ketahanan sosial keluarga cenderung menurun sebagai akibat dari banyaknya permasalahan sosial yang dihadapi rumah tangga atau keluarga yang harmonis,” imbuhnya.

Mantan anggota DPRD Maluku ini menilai, krisis yang melanda dunia saat ini akibat pandemi covid 19, turut mempengaruhi kesenjangan dalam kehidupan keluarga secara khusus dan masyarakat secara umum, tanpa disadari ketahanan keluarga semakin melemah karena krisis tersebut.

“Bahkan anak tidak lagi mempedulikan orang tua, anak yang adalah manusia lemah kemudian dipakai orang tua dewasa sebagai alat kepuasan baik dari segi ekonomi maupun kebutuhan sosial lainnya rumah tangga menjadi retak akibat kekerasan yang terjadi dalam rumah tangga, ” jelasnya.

Menurut dia, kegiatan dimaksud, memiliki arti strategis dalam upaya pengentasan masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Sehingga diharapkan yang menjadi pengurus lembaga konsultasi serta perangkat desa dapat mengetahui sejauh mana peran yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan masalah di masyarakat secara langsung.

“Secara normatif Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini dinas sosial merasa terbantu, karena secara terbuka peran masyarakat dapat ditujukan secara langsung dalam mengatasi masalah Pemerintah Kota Ambon. Juga berkewajiban melakukan upaya peningkatan jaminan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan layanan secara komprehensif dan terpadu oleh seluruh stakeholder di daerah ini, ” ujarnya. (IAN)

Comment