by

Tito Ambil Peran Mendagri Lagi, Langsung Rapat Bareng Nadiem

Jakarta, BKA- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kembali menyerahkan jabatan menteri dalam negeri kepada Tito Karnavian usai sekitar tiga hari menjadi pelaksana tugas jabatan tersebut.

?Mahfud menjadi menteri dalam negeri ad interim sejak Jumat (28/8) lantaran Tito tengah melakukan kunjungan ke luar negeri selama beberapa hari.

?Tito mengatakan alih tugas yang dilakukan oleh Mahfud bukan hal yang luar biasa. Menurutnya, Mahfud kerap menjadi pejabat sementara ketika menteri-menteri yang ada di bawah koordinasinya melakukan kerja ke luar negeri.

?”Sebenarnya penunjukan Mendagri Ad Interim tersebut adalah hal yang biasa, sebagaimana tugas yang diberikan pimpinan lazimnya,” kata Tito melalui keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (30/8).

?Tito mengaku akan kembali melakukan pekerjaannya selaku Mendagri pada hari ini, Senin (31/8). Salah satu agenda yang dirinya ikuti adalah rapat bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dan para kepala daerah.

?”Saya ada acara zoom meeting dengan Mendikbud dan semua kepala daerah,” ujarnya.

?Tito diagendakan menjadi pembicara pada rapat koordinasi bersama Nadiem secara virtual membahas Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terkait Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021. Agenda itu juga diikuti oleh seluruh gubernur, bupati, dan wali kota.

?Terkait jabatan ad interim, berdasarkan informasi, Mahfud sempat mengisi jabatan sebagai menteri hukum dan hak asasi manusia (Menkumham) selama Yasonna H. Laoly melakukan dinas ke luar negeri beberapa waktu lalu.

?Selain itu, Tito mengaku juga sempat ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi menteri komunikasi dan informatika ad interim pada Maret 2020 lalu. Kala itu, Menkominfo Johnny G. Plate tengah melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

Sebelumnya, Stafsus Menteri Dalam Negeri Kastorius Sinaga menyebut Tito sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Singapura hingga akhir pekan ini. Pernyataan Kasto itu menjawab isu miring usai salinan surat yang menyatakan posisi Tito digantikan Mahfud MD. (INT)

 

Comment