by

TNI-AL Gandeng Pemkab Buru Vaksinasi Massal

beritakotaambon.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru dan TNI Angkatan Laut (AL) melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara massal, di aula Kantor Bupati Buru, Kota Namlea, Rabu (8/9). Kegiatan ini menyambut Hari Jadi ke-76 TNI AL, 10 September 2021.

Dalam usia yang ke 76 tahun, TNI AL mengusung tema “Dengan Semangat Jalasveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Penyuntikan vaksin ini ditujukan kepada masyarakat dan OPD yang belum vaksinasi tahap 2 dan vaksin tahap 1, dengan jumlah peserta sebanyak 250 peserta yang ditargetkan.

Dalam kegiatan itu, turut hadiri Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) III, Laksamana Pertama TNI, Retiono Kunto, Sekda Buru, M Ilias Hamid yang mewakili Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, Sekertaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Azis Tomia, para pimpinan OPD dilingkup Pemkab Buru, para camat, para penjabat kepala desa dan tamu undangan serta peserta vaksinasi Covid-19.

Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Buru, M Ilias Hamid menyampaikan, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI AL yang telah hadir bersama melaksanakan vaksin kepada masyarakat Buru.

Baca juga: Vaksinasi, Polres Buru Sasar Pondok Pesantren

“Vaksin Covid-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan dan membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk mencapai imunitas secara maksimal. Suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan, dan Suntikan kedua untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk,” terang Ilias.

Ia menjelaskan, program vaksinasi tidak bertujuan untuk membuat seseorang menjadi kebal dan terbebas total dari Covid-19. Vaksin juga tidak serta-merta mengantikan implementasi protokol kesehatan. Maka dari itu, pelaksanaan vaksin harus tetap diringi dengan disiplin protokol kesehatan.

“Saya himbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Baik saat ini maupun setelah menjalani vaksinasi,” ucap dia.

Baca juga: DPRD Sahkan LPJ Bupati Buru Tahun 2020

“Selain itu, saya juga mengajak kita semua untuk mendukung tenaga kesehatan dalam melaksanakan upaya 3 T yaitu Testing, Tracing dan Treatment, atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Tes, Telusur dan Tindak lanjut. Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 sekaligus sebagai upaya pemulihan pasien positif Covid-19,” sambungnya.

Dia menambahkan, seluruh masyarakat harus tetap disiplin menjaga diri dan bersama-sama merintis terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity di Indonesia.

“Insya Allah, vaksinasi dapat mengurangi tingkat keparahan seseorang apabila terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu, pandemi Covid-19 menuntut kita untuk selalu belajar menghargai hidup sehat, agar lebih peduli dan cepat menyikapi berbagai situasi selama pandemi ini,” tutupnya. (MSR)

Baca juga: Pemkot Beri Penghargaan ke Harian BeritaKota Ambon

Comment