by

Toisuta : Sosialisasi Vaksin Covid-19 Sangat Penting

Ambon, BKA- Kendati belum diketahui kapan dan berapa banyak kuota vaksin Covid-19 untuk Kota Ambon, sosialisasi vaksin Covid-19 sangat penting dilakukan Pemerintah Kota Ambon kepada masyarakat. Agar masyarakat dapat mengetahui manfaat dari bantuan vaksin tersebut.

Demikian ditegaskan Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, kepada wartawan di gedung DPRD Belakang Soya, Selasa (17/11). Menurutnya, pembagian jatah vaksin oleh Pemerintah Pusat nantinya akan ditangani oleh Pemerintah Provinsi Maluku.

“Untuk vaksin Covid ini, pak Gubernur akan melihat sejauh mana kebutuhan dari vaksin itu. Apakah lebih banyak untuk Ambon atau kabupaten yang lain. Karena sampai saat ini kita lihat, yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu kan lebih banyak kota Ambon. Maka kebijakan yang diambil pemerintah pusat melalui pak gubernur, sebagai representasi masyarakat tentu DPRD sangat mendukung itu. Maka itu sosialisasi vaksin Covid-19 sangat penting dan harus dilakukan,” ungkap Toisuta.

Ketua PDK Kosgoro 1957 Maluku ini menilai, berapapun jatah vaksin yang diberikan untuk kota Ambon, tentu DPRD akan bersama-sama dengan Pemerintah Kota untuk nantinya berupaya semaksimal mungkin, agar penggunaan vaksin bagi masyarakat dipastikan bisa menyeluruh.

“Berapapun yang nantinya diberikan untuk masyarakat kota Ambon, kita akan upayakan untuk memaksimalkan penggunaannya untuk masyarakat kota Ambon terkait itu,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini DPRD sementara disibukan dengan pembahasan APBD Kota Ambon tahun anggaran 2021. Namun DPRD tentu akan tetap mendorong Pemerintah Kota untuk tetap melakukan sosialisasi terkait vaksin.

Sebab, belakangan ini masyarakat juga bertanya-tanya terkait manfaat serta fungsi dari vaksin tersebut. Sehingga proses sosialisasi secara menyeluruh dirasa sangat penting untuk dilakukan oleh Pemerintah Kota lewat Satgas Covid-19 dan stakeholder lainnya.

“Sosialisasi itu penting, karena pemberian vaksin ini penting dan ini adalah hal baru. Untuk uji vaksin itu kita harus lihat seberapa jauh dia punya manfaat untuk masyarakat. Jangan sampai masyarakat merasa bahwa ada perasaan takut dan sebagainya. Jauh hari sebelum penggunaan waksin, ini harus diberikan sosialisasi yang massif kepada masyarakat kota Ambon,” pungkasnya.

Toisuta juga berharap, masyarakat tetap memberikan dukungan penuh terhadap Pemerintah kota Ambon terkait penegakan protokol kesehatan. Sehingga kondisi kota Ambon yang masih dalam zona orange ini, bisa masuk ke zona hijau penyebaran Covid-19.

“Mari kita bersama-sama tetap mendukung kebijakan pemerintah terkait protokol kesehatan. Sehingga Ambon ini bisa keluar dari zona orange menuju zona kuning dan hijau. Untuk itu, tetap memakai masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan,” pesan Toisuta. (UPE)

Comment