by

Tolak Relokasi, Pedagang Akan Ditertibkan

Ambon, BKA- Pasca pembongkaran lapak pedagang di pasar Mardika, ratusan pedagang justru menolak untuk direlokasi ke pasar Transit Passo yang telah disiapkan Pemerintah Kota Ambon. Ratusan pedagang ini akan ditertibkan, karena telah menempati badan jalan Pantai Mardika untuk berjualan.

Jalan Pantai Mardika, saat ini tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Dikarenakan sebagian besar pedagang yang harusnya menempati pasar Transit Passo itu, menolak untuk direlokasi. Sebagian besar pedagang hingga kemarin masih memilih tetap berjualan di badan jalan, sehingga kendaraan roda empat khususnya angkutan kota (angkot) tidak bisa melintasi jalan tersebut. Bahkan kendaraan roda dua juga kesulitasn melintasi jalan itu.

Hal ini dinilai memicu kemarahan ratusan sopir angkot hingga melakukan aksi unjuk rasa di gedung DPRD Kota Ambon.

“Saya tadi sudah bicara dengan Pak Kasad (Pol-PP), mungkin sedikit keras lah,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Ambon, Pieter Leuwol, kepada wartawan di Balai Kota, Senin (28/9).

Menurut dia, sebenarnya Pemerintah Kota Ambon juga tidak menginginkan adanya penggusuran lapak pedagang, apalagi sampai melakukan penertiban terhadap para pedang yang menolak rencana relokasi dan revitalisasi pasar Mardika.

“Kita sudah himbau, sosialisasi dan segala macam cara. Tapi yah begitu lah. Mereka tidak bergerak apa-apa. Sehingga kita harus mengambil langkah seperti ini. Tapi ketika kita bongkar lapak, malah mereka tambah menjadi-jadi,” sesal Pieter.

Diakuinya, relokasi para pedagang, bukan maksud untuk menambah kesengsaraan masyarakat di tengah pandemi. Tetapi semua langkah yang diambil Pemerintah Kota dinilai untuk kebaikan bersama. Dan apabila revitalisasi pasar Mardika telah selesai, maka para pedagang tersebut nantinya akan menikmati lapak baru itu.
“Kalau kita suruh relokasi, terus tidak diberikan lapak, yah itu kita salah. Tapi inikan sudah disiapkan semua. Semua ini dilakukan hanya untuk mereka (pedagang) bukan untuk siapa,” sebutnya.

Dirinya juga mengajak semua pedagang yang masih berjualan menggunakan badan jalan Pantai Mardika, untuk segera bekerja sama dengan Pemerintah Kota. Agar proses revitalisasi pasar Mardika, cepat diselesaikan.

“Kita lakukan semua inikan untuk mereka. Ayolah kita sama-sama bekerjasama. Kita bongkar itu resiko. Karena kita sudah siapkan semua,” ajak Pieter. (BKA-1)

Comment